Bacalah penggalan teks berita berikut ini !
Sontak aksi anarkis siswa SMAN 6 Jakarta ini memunculkan aksi demo yang mengecam tindakan kekerasan di dunia pendidikan. Tidak hanya itu solidaritas juga datang dari para jurnalis yang mengecam agar pelaku penganiayaan terhadap wartawan harus ditindak tegas tanpa pandang bulu.
Kekerasan tentu saja bukan jalan keluar
untuk menyelesaikan persoalan. Namun jika tawuran selalu terjadi berulang kali
dan menjadi sebuah tradisi, tampaknya sudah waktunya pemerintah turut andil.
Adakah yang salah dengan dunia pendidikan di Indonesia.
Menjadi pertanyaan banyak orang mereka justru melakukan aksi tawuran di lingkungan sekolahnya sendiri. Dimanakah guru dan kepala sekolah mereka. Tawuran justru mendatangkan banyak kerugian materil, seperti kerusakan fasilitas umum hingga diliburkannya kegiatan belajar mengajar.(Liputan.6com, September,27,2012)
Menjadi pertanyaan banyak orang mereka justru melakukan aksi tawuran di lingkungan sekolahnya sendiri. Dimanakah guru dan kepala sekolah mereka. Tawuran justru mendatangkan banyak kerugian materil, seperti kerusakan fasilitas umum hingga diliburkannya kegiatan belajar mengajar.(Liputan.6com, September,27,2012)
2.
Isi teks berita tersebut adalah…
.
a Aksi anarkis siswa SMAN 6 Jakarta ini
memunculkan aksi demo.
b. Aksi demo yang mengecam tindakan kekerasan di dunia pendidikan.
c.
Tidak demo hanya
solidaritas yang juga datang dari para jurnalis.
d. Kekerasan tentu saja bukan jalan keluar untuk menyelesaikan
persoalan.
e.
Aksi tawuran terjadi di lingkungan sekolahnya sendiri.
3.
Paragraf berikut ini yang tidak tergolong paragraf induktif adalah
… .
a. Abu alias Dedi Triyuda (17) siswa Sekolah Menengah
Kejuruan Baskara tewas setelah tawuran melawan SMK Pancoran Mas, Kota Depok.
Abu mengalami luka di bagian selangkangan kaki dan kepala karena benda tajam
dan benturan benda tumpul.
b. Ia bersama temannya terlibat tawuran di Jalan Raya
Sawangan. Truk yang mereka tumpangi macet ketika melewati jalan menanjak. Saat
itulah tawuran pecah, hingga membuat Abu terluka parah.
c. Seorang temannya membawa Abu ke Klinik Depok Dua di
Jalan Keadilan Nomor 41, Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Depok. “Mayat
sampai klinik pukul 15.00. Seorang turun dari angkot membawanya dalam kondisi
sudah tidak sadar. Lalu dia bilang ke saya ‘Tolong dibersihin’,” tutur Pandu
(23) penjaga klinik Depok Dua.
d. Seorang yang membawa mayat Abu lalu meninggalkan
klinik menggunakan angkot. Abu ketika tidak berdaya masih menggunakan seragam
sekolah. Sayangnya pada saat mayat Abu datang klinik sedang tutup.
e Saat
ini beberapa rekan Abu menjalani pemeriksaan di Markas Polsek Pancoran Mas.
Warga kemudian setelah melaporkan peristiwa ini ke kepolisian, lalu pihak
kepolisian melacak dan akhirnya ditemukan teman-teman Abu.
4. Berikur ini adalah syarat pokok sebuah drama, yang
bukan adalah… .
a. teks c.
tokoh e. penonton
b. panggung d laikting
5. Pentas drama selalu melibatkan beberapa aspek terkait.
Berikut ini yang tidak berhubungan dengan pementasan drama adalah…
a. panggung
c. penonton e. bloking
b. tokoh
d improfisasi
6. Seorang pelaku drama harus memahami istilah-istilah
dalam drama. Berikut ini yang bukan istilah dalam drama adalah… .
a. tokoh
c. laikting e figuran
b. narator
d. bloking
7. Kalimat dalam sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat
ide pokok disebut… .
a. kalimat lengkap
b kalimat utama
b kalimat utama
c. kalimat pengembang
d. kalimat asal
e. kalimat dasar
8. Hubungan antar kalimat dalam paragraf sangat penting. Tanpa adanya hubungan antar
kalimat dalam paragraf maka makna
paragraf tidak dapat diwujudkan. Hubungan antar kalimat dalam paragraf
disebut… .
a. kohesi c.
koherensi e. komposisi
b. eksposisi d.
improfisasi
9. Yang disebut surat dinas adalah… .
a
surat untuk kedinasan
b. surat yang mengutamakan tujuan
c. surat yang mengutamakan isi
d. surat yang mengutamakan bahasa
e. surat yang mengutamakan isi dan bahasa
10. Berikut ini yang tidak tergolong jenis surat dinas
adalah surat… .
a. akta c. ekspedisi e. perintah
b. keputusan d.
undangan ulang tahun
11. Surat dinas yang berisi tentang pesan singkat
disebut… .
a MEMO
d. surat akta perjanjian
b. proposal e. surat keputusan
c. surat printah
14.
Bagan surat dinas atau surat resmi ditentukan
secara tepat.
Ketentuan penulisan
nama kota dan tanggal surat dinas berikut ini yang benar adalah… .
a
Surabaya, 5 Oktober 2012
b. Surabaya 05-Oktober-2012
c. Surabaya 5
Oktober 2012
d.
Surabaya, 5 Oktober 2012.
e. Surabaya,
05 Oktober 2012
15. Pembuka isi MEMO berikut ini
yang tepat adalah… .
a. Mohon Bapak mewakili saya untuk….
b Dimohon Bapak mewakili saya untuk….
c Diharap Bapak mewakili saya
untuk….
d Harap bapak mewakili saya
untuk….
e Tolong bapak mewakili saya
untuk….
16. Perhatikan MEMO
berikut ini !
Dari
: Drs. Kunarso (Direksi) PT.Buana Putra
Untuk: Dra.Winarti (Sekretaris) PT.Buana
Putra
Mohon Ibu mewakili saya untuk
memimpin
rapat karyawan pada hari Selasa,2 Oktober
2012 pukul 10.00 sampai selesai.
Surabaya,1
Oktober 2012
ttd.
Drs.Kunarso
(Direksi)
Memo di atas kurang tepat. Ketidak
tepatan
MEMO tersebut disebabkan oleh…
a Isi
MEMO kurang sempurna
b. Struktur memo tidak sesuai dengan bagan MEMO
c.
Pembuat
MEMO
d.
Penerima
pesan MEMO
e.
Penggunaan
bahasa MEMO
Bacalah teks berita berikut ini !
Pelajar SMK Tawuran Siswa Baik-baik Ini
Tewas
(1) Untuk keenam kalinya setelah Lebaran,
kekerasan terjadi antara siswa Sekolah Menengah Kejuruan Baskara dan SMK
Pancoran Mas, Kota Depok. Kedua siswa sekolah ini dikenal bermusuhan. Saat
bertemu di mana pun dan kapan pun, kedua pihak saling menyerang dan melukai
sehingga meresahkan warga setempat.
(2)Rabu (12/9/2012) pukul 14.30, Permusuhan
kedua sekolah ini memakan korban. Abu alias Dedi Triyuda (17), yang dikenal
sebagai siswa baik-baik, tewas ketika puluhan siswa SMK Pancoran Mas menyerang
di Jalan Raya Sawangan. Ketika itu Abu bersama 11 rekannya dari SMK Baskara
naik truk pengangkut semen.
Penyerangan
terhadap siswa SMK Baskara melukai beberapa siswa hingga kemudian menewaskan
Abu.
(3) Dia menderita luka karena lemparan batu
di kepala dan luka tusuk di selangkangan. Seorang rekannya berusaha menyelamatkan
Abu dengan mencegat pengendara sepeda motor, lalu meminta membawa ke dokter
atau rumah sakit terdekat. Pukul 15.00, warga menemukan Abu tewas di Apotek
Depok Dua, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Kota Depok.
(4) Kedua
sekolah memang sering tawuran. Kami sudah sering mendamaikan, menggelar
mediasi, dan penyuluhan. Namun, tetap saja mereka terus tawuran. Peristiwa ini
terjadi setelah dua hari sebelumnya mereka tawuran di Jalan Merpati, Depok,”
kata Wakil Kepala Polsek Pancoran Mas Ajun Komisaris Ibnu Salim, Rabu
(12/9/2012) malam.
(5) Setelah
tawuran, polisi mencari saksi dan meminta keterangan mereka. Di lokasi tawuran
di Persimpangan Kodim, Jalan Raya Sawangan, polisi menemukan besi lengkung
seperti celurit sepanjang 50 sentimeter, semprotan sejenis piloks, dan
batu-batu yang diduga dilemparkan saat tawuran.
17. Setelah membaca teks berita di atas maka dapat
ditegaskan bahwa yang menjadi
pokok berita adalah paragraf… .
a.
(1) b
(2) c. (3) d. (4)
e. (5)
18.
Data yang dapat ditemukan dari sumber bacaan artikel di atas sebagaimana
disebutkan di bawah ini, yang bukan
adalah… .
a.
siswa SMK pelaku tawuran pelajar
b.
kurban tawuran
c. enam
kali terjadi tawuran setelah lebaran
d.
meresahkan warga sekitar daerah tawuran
e
tidak ditemukan saksi setelah polisi mencarinya
19.
Isi berita yang dapat ditemukan dalam
teks di atas adalah… .
a.
tawuran pelajar terjadi lagi
b.
tawuran pelajar makan kurban
c.
tawuran pelajar makan kurban siswa terbaik
d. tawuran
pelajar terjadi antara SMK Baskara dengan SMK Pancoran Mas
e.
Tawuran pelajar SMK Baskara dan SMK Pancoran Mas menewaskan Abu
alias Dedi Triyuda.
20. Perhatikan paragrf berikut ini !
Permusuhan
kedua sekolah ini memakan korban. Abu alias Dedi Triyuda (17), yang dikenal
sebagai siswa baik-baik, tewas ketika puluhan siswa SMK Pancoran Mas menyerang
di Jalan Raya Sawangan. Ketika itu Abu bersama 11 rekannya dari SMK Baskara
naik truk pengangkut semen.Penyerangan terhadap siswa SMK Baskara melukai
beberapa siswa hingga kemudian menewaskan Abu.
Paragraf
tersebut tergolong paragraf… .
a deduktif
c. induktif e. ineratif
b. naratif d. deduktif-induktif
21. Dihasilkannya
sastra terjemahan sangat
mempengaruhi hasil sastra
Indonesia.
Pengaruh positif yang dirakan adalah… .
a. memperkaya
pustaka sastra Indonesia
b menimbulkan daya tarik pembaca sastra
c mengembangkan daya imaji pembaca sastra
d menghasilkan tema cerita yang beragam
e sebagai pembanding karya sastra
asli Indonesia
22. Karya
sastra terjemahan adalah karya sastra yang mengalami alih bahasa.
Hal yang
tidak dapat diubah dalam karya sastra terjemahan adalah semua
pernyataan
berikut ini, kecuali…
a judul cerita c. tema cerita e. tokoh cerita
b.amanat cerita d. isi cerita
23.Karya
sastra terjemahan dalam sastra Baru
Indonesia pertama kali dihasilkan
berjudul… .
a. Tiga
Menguak Takdir
b. Mencari
Pencuri Anak Perawan
c. Anak
Perawan di Sarang Penyamin
d
Si Jamin dan Si Johan
e.
Tak Putus Dirundung Malang
24.
Setelah membaca hasil sastra bentuk prosa terjemahan yang berjudul
Topeng
Hitam dan Perempuan Jogja maka dapat disimpulkan
bahwa dua sastra
terjemahan tersebut mempunyai persamaan dalam hal… .
a
amanat cerita
b.
tema cerita
c. isi
cerita
d. alur
(plot) cerita
e. latar
cerita (setting)
25. Bacalah
petikan sastra terjemahan Perempuan Jogja berikut ini !
“Inggih, Bulik.Saya akan tabah.”
“Ayo ke luar menemui para tamu. Tunjukkan
kepada mereka kamu istri Danu
yang sesungguhnya.”
“Inggih, Bulik.”
Rumanti berdiri mengikuti
RA.Surtikanti ke luar dari kamar.Terdengar jelas
suara gending kebogiro ketika
mereka memasuki pendopo.
(DipetikdariBse.Bhs.Ind.PP.Diknas.XI,hal.15).
Berdasarkan teks naratif dalam
petikan novel terjemahan di atas watak tokoh
utamanya (Rumanti) menggambarkan
… .
a. ciri
wanita jawa yang penurut
b menggambarkan jiwa yang kuat
c mencerminkan rasa emansipasi yang keras
d sosok wanita yang tidak punya pendirian
e
sikap yang tertutup dan tidak berani berterus terang
26.
Perempuan Jogja adalah sastra terjemahan dari sastra daerah (Jawa). Hal
tersebut
dikuatkan dengan bukti-bukti berikut ini, yang bukan adalah… .
a
penokohan dalam cerita
b
latar cerita yang ditampilkan
c
kebahasaan yang disampaikan
d
ema cerita yang dikembangkan
e. alur cerita yang digunakan
Bacalah
petikan sastra terjemahan berikut ini ( untuk soal nomor 27-28)
“Aku agak bergidik, No way, sahutku.”Tidak akan.”Tapi aku
tidak tahan godaan.Seharusnya setelah makan malam aku mengerjakan PR, tetapi
aku malah mengendap-endap turun ke basement.Kukeluarkan
topeng itu dari persembunyiannya, laci bawah meja cabinet kuno. Aku lalu duduk
di ujung sofa.Dadaku berdegup kencang, ketika topeng itu aku pasang ke
mukaku.Lalu aku melihat keempat anak itu.Keempatnya sedang bersila di lantai,menggelar
papan permainan mereka, mengenakan pakaian kuno mereka.” (DipetikdariBse.Bhs.Ind.PP.Diknas.XI,hal.13).
27. Kesan yang dapat ditemukan dalam penggalan
sastra terjemahan Topeng Hitam adalah …
.
a.
bertema cerita pendidikan
b.
watak tokoh utamanya yang disiplin
c.
alur ceritanya dikembangkan secara
regresif
d.
amanat ceritanya tentang hal yang
tidak baik seharusnya tidak dilakukan
e
amanat ceritanya adalah melakukan sesuatu yang sembunyi-sembunyi
hendaknya dipikirkan untung ruginya
28. Yang memastikan kalau sastra
terjemahan yang berjudul Topeng Hitam diterjemahkan dari sastra asing adalah
pernyataan-pernyataan berikut ini, yang bukan adalah…
a. sering memunculkan istilah asing (Inggris) seperti kata no way,
basement,sofa,cabinet
b. penggunaan sudut pandang pelaku dengan kata
ganti orang ketiga
c. nama tokoh yang digunakan
d. latar ceritanya
e tema
ceritanya
29.Berikut ini yang bukan fungsi
dari dialog drama adalah… .
a. sebagai penggambaran watak tokoh
b. untuk menciptakan konflik
c. supaya jalan cerita lebih terasa
menarik
d. untuk membangun plot cerita
e
agar dapat dipentaskan di atas panggung
30.Bacalah
dialog drama Perempuan dalam Kereta berikut ini !
P1.:
“Apakah engkau seorang serdadu?”
(tak ada jawaban)
“Apakah engkau seorang serdadu?”
P2:
“Serdadu…apa menurutmu aku seorang lelaki?”
P1:
“Tidak.”
…………………………………………
P2:
“Kalau begitu dugaanku tepat, engkau pasti seorang perempuan.”
Untuk
melengkapi dialog yang rumpang itu kalimat yang tapet adalah… .
a.
“Emangnya hanya lelaki yang menjadi
serdadu.”
b.
“Emangnya hanya lelaki yang bias
menjadi jendral.”
c.
“Emangnya hanya lelaki yang bias
menjadi serdadu atau jendral.”
d.
“Emangnya hanya lelaki yang bisa
menjadi jendral, serdadu atau presiden.”
e “Emangnya hanya lelaki yang bisa menjadi
serdadu, jendral atau presiden.”
31. Menyimak penggalan dialog drama
Perempuan dalam Kereta karya Hamdy Salad
di atas, maka dapat disimpulkan kalau watak tokoh Perempuan 1 (P1) adalah… .
a. mudah percaya akan penjelasan yang baru didengarnya
b. tidak mudah percaya akan
penjelasan yang baru didengarnya
c. mudah tersinggung karena
pertanyaan yang baru didengarnya.
d. tidak mudah tersinggung karena
pertanyaan yang baru didengarnya.
e
senang membuat lawan bicara menjadi emosi setelah mendengar jawaban yang
diberikan
32. Dalam penggalan teks drama
Perempuan dalam
Kereta tersebut ditemukan istilah drama
”siluhet, maksutnya adalah…
a.
bayangan yang jelas
b.bayangan
yang tidak jelas
c.
bayangan tentang sebuah gambar
d.
bayangan sebuah cerita
e bayangan tokoh
33.Mendengarkan
sebuah informasi dapat dilakukan kapan saja.Jika kita mendengarkan sebuah
informasi maka yang dapat dilakukan
secara tepat untuk memperoleh hasil yang maksimal
dapat dilakukan dengan
tindakan yang disebutkan di bawah
ini.Tindakan yang perlu dilakukan adalah… .
a. Tidak memotong pembicaraan yang
sedang
berjalan.
b.Memberikan kesempatan pembicara menjelaskan kehendak
dan pokok masalah pembicaraan secara tuntas.
c.
Mencatat
pokok pembicaraan lengkap dengan penjelasannya.
d.
Mengembangkan
pokok pembicaraan dan penjelasannya berdasarkan pandangan kita dan sikap kita.
e Menyusun ramkuman pembicaraan berdasarkan
isi pembicaraan yang dianggap penting
34.
Dalam sastra Indonesia drama dikelompokkan dalam seni pentas. Yang dapat
ditemukan dalam drama adalah cerita yang bersifat tragedi, komedi dan melo
drama. Cerita drama yang bersifat melodrama maksudnya adalah….
a. isi drama yang
bersifat lucu
b. isi drama yang
bersifat lucu dan menarik
c. isi drama yang
bersifat lucu dan menakutkan
d. tampilan drama
yang bersifat lucu
e. tampilan drama yang bersifat
lucu dan menarik
35. Untuk lancar melakukan pentas drama,
berikut ini yang tidak perlu
dilakukan, yakni…
a.
mengenali
jalan cerita
b.
mengenali
watak tokoh yang diperankan
c mengenali tokoh lawan dialog
d. menguasai suasana panggung (bloking)
e.
memahami taknis
berdrama (ekting)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar