Selasa, 07 Februari 2012

UCS2012-PAKET:31

                                                             PAKET:    31
                                  UJI  COBA  UJIAN  SEKOLAH    2011-2012
                                                 Hari               :                                                     
                                                 Waktu            : 75 menit
                                                  Kelas             : XII  /  IPA-IPS
PILIH  SEBUAH  JAWABAN  YANG PALING TEPAT ! (SOAL 1 S/D 30) !
1.    Bacalah paragraf berikut ini !
              Cina mengumumkan serangkaian kebijakan yang bertujuan memperbaiki tanggapannya terhadap bencana alam, termasuk meramalkan bencana melalui satelit.Langkah itu diumumkan bersamaan dengan peringatan satu tahun gempa besar yang mengguncang Propinsi Sichuan.Lebih dari 80.000 orang diyakini meninggal akibat gempa termasuk sedikitnya 5.300 anak-anak.Masyarakat yang berkabung mengunjungi reruntuhan dan makam, menyalakan dupa  serta  ritual dengan uang kertas untuk  menenangkan orang yang meninggal. Dengan pembangunan yang akan berakhir setahun  lebih awal, maka wartawan BBC di Beijing menyebutkan, sebagian besar orang lanjut usia atau orang cacat di kawasan masih belum mampu mendapatkan cicilan untuk rumah baru. (Disunting dari “Wartawan BBC di Beijing, Pers”)
     Ide pokok paragraf di atas adalah …  .
A.    Serangkaian kebijakan  terhadap bencana alam
B.    Mengunjungi reruntuhan dan makam
C.    Cina mengumumkan serangkaian kebijakan
D.    Gempa besar yang mengguncang Propinsi Sichuan
E.    Orang lanjut usia atau orang cacat di kawasan bencana

2.    Jika membaca paragraf berikut ini maka pokok masalah  paragraf tersebut adalah…
Almarhumah Mardiyem tak punya hubungan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, apalagi dengan Pangeran Akishino. Tetapi terkait dengan peringatan 50 tahun hubungan Indonesia-Jepang, dengan peringatan 50 tahun hubungan Indonesia-Jepang, Mardiyem adalah catatan hitam Mardiyem (79) berpulang pada 21 Desember 2007 di Yogyakarta. Ia menyusul Suhanah (82) yang meninggal setahun sebelumnya di Cimahi.Mardiyem dan Suhanah adalah dua dari 1.000 lebih perempuan Indonesia eks jugun ianfu, korban perbudakan seksual serdadu Jepang semasa Jepang
menduduki Indonesia pada perang Pasifik tahun 1941-1945.(Dipetikdari “MEMORABILIA IANJO DI SEMARANG ;JEJAK SEJARAH SUMIRAH JUGUN IANFU ASAL SALATIGA).
A.    Mardiyem tak punya hubungan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
B.    Mardiyem tak punya hubungan dengan Pangeran Akishino.
C.    Mardiyem tak punya hubungan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, apalagi dengan Pangeran Akishino.
D.    Dengan peringatan 50 tahun hubungan Indonesia-Jepang, Mardiyem adalah catatan hitam.
E.    Peringatan 50 tahun hubungan Indonesia-Jepang, kausus Mardiyem adalah catatan hitam.

3.    Bacalah paragraf berikut ini !
Seiring dengan semakin mahal dan langkanya minyak dan gas, menuntut manusia di zaman ini untuk berpikir lebih kreatif dalam memenuhi dua kebutuhan tersebut. Buku ini memberikan solusi atas permasalahan di atas yaitu dengan penggunaan energi alternatif sebagai pengganti minyak dan gas. Bermacam-macam pengetahuan tentang energi alternatif diuraikan dalam buku ini , diantaranya (1) manusia dan kebutuhan alternatif , (2) limbah ternak sebagai bahan baku biogas. Biogas merupakan contoh energi alternatif yang dibahas dalam buku ini.Penulis juga memberikan informasi tentang gas-gas yang terkadung dalam kotoran ternak yang dapat diolah menjadi biogas. Selain itu, buku yang berjudul " Membuat Biogas Pengganti Bahan Minyak dan Gas dari Kotoran Ternak " juga menyertakan cara-cara pembuatan instalasi biogas serta syarat , teknik dan nilai ekonomis pembuatan dan penggunaan biogas. Bukan hanya itu saja,Penulis juga memaparkan potensi biogas bagi kehidupan masyarakat sehingga dapat menarik pembaca untuk lebih mengenal apa itu biogas. Dalam buku ini juga dijelaskan cara membuat pupuk organik dari sisa pembuatan biogas. Suhut Simamora, Salundik, Sri Wahyu dan Sarajudin dalam menyajikan uraiannya sangat memantulkan daya tarik tersendiri.

Kalimat utama paragraf di atas adalah…  .
A.    Seiring dengan semakin mahal dan langkahnya minyak dan gas, menuntut manusia di zaman ini untuk berpikir lebih kreatif dalam memenuhi dua kebutuhan tersebut.
B.    Buku ini memberikan solusi atas permasalahan di atas yaitu dengan penggunaan energi alternatif sebagai pengganti minyak dan gas.
C.    Bermacam-macam pengetahuan tentang energi alternatif diuraikan dalam buku ini , diantaranya (1) manusia dan kebutuhan alternatif , (2) limbah ternak sebagai bahan baku biogas.
D.    Penulis juga memberikan informasi tentang gas-gas yang terkadung dalam kotoran ternak yang dapat diolah menjadi biogas.
E.     Dalam buku ini juga dijelaskan cara membuat pupuk organik dari sisa pembuatan biogas.

4.    Kalimat opini dalam paragraf berikut ini adalah… .
Sentani -  Pada 29 Desember 2011 pukul 22 : 30 (Waktu Papua Barat) telah terjadi ancaman oleh Milisi NKRI, terhadapap salah satu anggota KNPB Wilayah Sentani atas nama Liboys Bahabol. Kronologis peristiwa tersebut sebagai berikut : Pada Kamis 29 Desember 2011 Liboys Bahabol bersama teman-temannya sedang berada dalam rumah. Saat itu salah satu anggota Milisi NKRI atas nama Aldo Felle mendatangi kediaman Liboys Bahabol dan teman-teman sambil  bertanya “ada Erik Ka” setelah ia cek orang yang ia perlu tidak ada  di tempat iapun kembali. Satu menit setelah itu Liboys Bahabol menyusul keluar dengan tujuan ke teman-teman. Ia tidak sangka kalau anggota Milisi itu sedang tunggu di luar (samping rumah) dengan maksud apabila ada anggota kami yang keluar ia menembaknya.
A.    Pada 29 Desember 2011 pukul 22 : 30 (Waktu Papua Barat) telah terjadi ancaman oleh Milisi NKRI, terhadapap salah satu anggota KNPB Wilayah Sentani atas nama Liboys Bahabol.
B.    Kronologis peristiwa tersebut sebagai berikut : Pada Kamis 29 Desember 2011 Liboys Bahabol bersama teman-temannya sedang berada dalam rumah.
C.    Saat itu salah satu anggota Milisi NKRI atas nama Aldo Felle mendatangi kediaman Liboys Bahabol dan teman-teman sambil  bertanya “ada Erik Ka” setelah ia cek orang yang ia perlu tidak ada  di tempat iapun kembali.
D.    Satu menit setelah itu Liboys Bahabol menyusul keluar dengan tujuan ke teman-teman.
E.    Ia tidak sangka kalau anggota Milisi itu sedang tunggu di luar (samping rumah) dengan maksud apabila ada anggota kami yang keluar ia menembaknya.

5.    Yang tergolong kalimat fakta pada paragraf berikut ini adalah kalimat…  .
Pemerintah Negara Republik Indonesia (NKRI) selama 50 tahun di Papua Barat tidak hanya menambah/ mengirim  Pasukan Militer dari TNI/Polri untuk manghangus bumikan  Papua di Papua Barat. Tetapi juga Negara NKRI telah, sedang dan terus berupaya melakukan misi Negaranya  melalui misi terselubung intelijen. Tetapi juga Negara NKRI telah, sedang dan terus berupaya melakukan misi Negaranya  melalui misi terselubung intelijen. Mereka adalah anak-anak yang terdiri dari anak-anak  Papua dan  anak –anak Indonesia yang ada di Papua.  Anak-anak itu di angkat menjadi anggota Intel sejak 2009 lalu, dan sampai saat ini tenga melakukan persiapan penembakan, pelatihan otot, pelatihan fisik, pelatihan mental dan lain-lain.


A.    Pemerintah Negara Republik Indonesia (NKRI) selama 50 tahun di Papua Barat tidak hanya menambah/ mengirim  Pasukan Militer dari TNI/Polri untuk manghangus bumikan  Papua di Papua Barat.
B.    Tetapi juga Negara NKRI telah, sedang dan terus berupaya melakukan misi Negaranya  melalui misi terselubung intelijen.
C.    Tetapi juga Negara NKRI telah, sedang dan terus berupaya melakukan misi Negaranya  melalui misi terselubung intelijen.
D.    Mereka adalah anak-anak yang terdiri dari anak-anak  Papua dan  anak –anak Indonesia yang ada di Papua. 
E.    Anak-anak itu di angkat menjadi anggota Intel sejak 2009 lalu, dan sampai saat ini tenga melakukan persiapan penembakan, pelatihan otot, pelatihan fisik, pelatihan mental dan lain-lain.

6.    Perhatikanlah dengan teliti grafik berikut ini !

Kenaikan harga delapan bahan pokok pada saat  menjelang datangnya hari besar seperti Idulfitri atau menjelang akhir tahun selalu merambat naik mulai dari awal bulan Desember hingga hari H-nya. Gambaran kenaikan delapan bahan pokok tersebut  bergeser naik dari urutan persentase 5,10 hingga yang tertinggi mencapai nilai 20%. Berdasarkan grafik di atas maka yang terlihat mengalami kenaikan yang paling rendah di tingkat harga…
A.    dari tingkat 0-100                      D. dari tingkat 300-400
B.    dari tingkat 100-200                  E. dari tingkat 400-500
C.    dari tingkat 200-300
Cermatilah paragraf berikut ini !
Setelah melihat sekarang bagaimana  melihat masalalu? Bangga, … aku bisa ngelewatin. dan bangga banyak banget pengalaman yang aku ambil. Belum tentu … aku bisa masak, cuci baju. Aku bisa jadi ibu rumah tangga yang baik. Jadi aku bisa ngapa-ngapain aja dan aku merasa bangga dengan diri aku. Yah…  melihat jaman sekarang gak semuanya sih dan kayak jaman sekarang jarang cewek bisa masak, kan banyak restoran yang ada di mall, open-open kitchen kayak gitu. Malah cewek-ceweknya yang jadi waiters dan cowok-cowoknya yang jadi koki, bener gak? Tapi aku gak lupa kodrat aku sebagai perempuan, … aku, aku tetep perempuan karena aku punya prinsip dari dulu. Kalau pun aku dapat suami kaya, yah alhamdulilah tapi kekayaan itu gak kekal. Kalau seandainya kekayaan itu dibalik sama Allah dan kekayaannya habis, … masih ada aku yang dikasih nih ada duit cuma 5000 gimana caranya supaya makan tiga kali sehari. (Kisah Pilu, Cinta Penelope Menjadi PRT  Jum'at, 30 Desember 2011 13:02 | Tag: Bisnis Selebritis)
7.    Agar paragraf di atas menjadi padu, maka kata-kata berikut ini dapat digunakan untuk melengkapinya, Kaata-kata yang tepat untuk melengkapinya adalah…  .
A.    karena, seumuran, kalau, bagaimanapun, terus
B.    terus, karena, kalau, seumuran, bagaimanapun
C.    bagaimanapun, terus, karena, seumuran, kalau
D.    terus, bagaimanapun, seumuran, karena, kalau
E.    karena, seumuran, terus, kalau, bagaimanapun

8.    Sempurnakan paragraf berikut dengan meletakkan kalimat yang tersedia pada kelompok jawaban, sehingga paragraf berikut menjadi padu !
Prepare for battle of the century! Para superhero Marvel macam Captain America, Thor, dan Iron Man akan bertempur habis-habisan  melawan penjahat Loki yang mengancam kedamaian dunia. Tak bisa dipungkiri bahwa THE AVENGERS bakal menjadi film paling ditunggu tahun ini.Kabar berhembus bahwa sang sutradara akan memasukkan salah satu tokoh jahat di dunia Marvel, Red Skull ke dalam film tersebut. Rumor ini mencuat saat produksi HeroClix (mainan anak keluaran Marvel) memberikan sinyal-sinyal tersebut.  Senin, 02 Januari 2012 19:57 “Kapanlagi.com.”
A.    Tapi tunggu dulu, ternyata sutradara Joss Whedon bersikap  lain yang bisa membuat penonton  menjadi bosan.
B.    Tapi tunggu dulu, ternyata sutradara Joss Whedon kiat lain yang berbeda sehingga  tak bisa membuat penonton mengikuti jalan cerita yang dimaksud.
C.    Tapi tunggu dulu, ternyata sutradara Joss Whedon punya kejutan lain yang bisa membuat penonton melongo.
D.    Namun tunggu dulu, ternyata sutradara Joss Whedon punya kejutan lain yang bisa membuat penonton menjadi gusar.
E.    Tapi tunggu dulu, ternyata sutradara Joss Whedon berpikiran  lain yang bisa membuat penonton  tidak simpatik.
Perhatikan paragraf teks pidato berikut ini !
Hendaknya anda berpartisipasi secara benar. Hindari perbuatan yang dilarang Negara, apa lagi yang melanggar aturan agama. Kita harus benar[benar menghindar dari berpuat yang merugikan orang lain, mengecewakan orang lain, atau melanggar hak orang lain. Melakukan perbuatan social itu sebenarnya membhagiakan atau mengurangi hak orang  lain, sehingga kita benar-benar merasakan penderitaan mereka…
9.        Kalimat persuasif untuk melengkapi teks pidato di atas yang tepat adalah…  .
A.    Marilah kita membantu saudara-saudara kita yeng mengalami permasalahan social, seprti kurban bencana alam dan lain-lain.
B.    Beramal tidak harus dengan harta benda tetapi dengan perbuatan pun dapat dilakukan.
C.    Marilah kita beramal sesuai dengan kemampuan kita.
D.    Marilah kita saling menyayangi, membantu serta mengormati orang lain dengan perbuatan sosial yang tepat.
E.    Marilah kita mengamalkan perbuatan baik demi membantu orang lain.

10.    Berikut  ini yang  menggambarkan  sebuah simpulan  hasil  wawancara  tokoh   adalah pernyataan…  .

A.    Ibu Risma selaku wali kota merasa  tertantang dengan hasil fistifal musik jalanan yang di gelar pada acara Pawai Padang Rembulan Sabtu sore itu.
B.    Pawai  Padang Rembulan menyuguhkan   acara menarik sore itu.
C.    Melihat tampilan peserta lomba pada acara Padang Rembulan di Balai Pemuda itu  ibu Risma selaku wali kota Surabaya yang memfasilitasi tempat dan kelengkapannya merasa tersanjung, dan beliau merasa tertantang untuk menindaklanjuti acara tersebut.
D.    Sementara dari beberapa perwakilan siswa yang dikerahkan untuk mengikuti jalannya pawai langka itu semakin histeris ketika dua cewek cantik dan lugu dari pengamen jalanan melantunkan lagu pilihan dengan tampilan seadanya namun suaranya cukup oke.Sayang ibu wali kota itu keburu pergi meninggalkan acara tersebut.
E.    Pawai Padang Rembulan yang digelar di Balai Pemuda pada hari Sabtu,tanggal 22 Oktober 2011 pukul 18.00 sampai selesai berjalan lancar dan meriah menurut seorang siswa sma negeri yang ikut hadir saat itu.

11.    Berikut ini adalah pernyataan yang merujuk pada sebuah komentar hasil wawancara tokoh. Pernyataan yang tepat adalah… .
A.    Pawai Padang Rembulan yang digelar di Balai Pemuda pada hari Sabtu,tanggal 22 Oktober 2011 pukul 18.00 sampai selesai berjalan meriah, menurut seorang siswa sma negeri yang ikut hadir saat itu.
B.    Melihat tampilan peserta lomba pada acara Padang Rembulan di Balai Pemuda ibu Risma selaku wali kota Surabaya merasa tersanjung.
C.    Acara Pawai Padang Rembulan yang digelar di Balai Pemuda Surabaya berjalan cukup semarak,”Sayang pada saat penyerahan hasil kejuaraan lomba musik jalanan itu tidak ditampilkan keterampilan peraih juara pertama, kedua bahkan ketiga”, menurut salah satu guru yang hadir pada acara tersebut.
D.    Melihat tampilan peserta lomba pada acara Padang Rembulan di Balai Pemuda itu  ibu Risma selaku wali kota Surabaya yang memfasilitasi tempat dan kelengkapannya merasa tersanjung.
E.    Sementara dari beberapa perwakilan siswa yang dikerahkan untuk mengikuti jalannya pawai langka itu semakin histeris ketika dua cewek cantik dan lugu dari pengamen jalanan melantunkan lagu pilihan dengan tampilan seadanya namun suaranya cukup oke.Sayang ibu wali kota keburu pergi meninggalkan acara tersebut.

12.    Bacalah petikan resensi berikut ini !
“Siapakah sesungguhnya J.K.Rowling dan bagaimana Harry Potter diciptakan?” Ini barang kali pertanyaan terbesar yang diajukan banyak orang.Ini pula yang ditelisik Lindsey  Frazer dalam buku wawancara dengan J.K.Rowling, pencipta Harry Potter.  M. Lindsey  Frazer  adalah seseorang pemerhati buku anak-anak ternama dan pemimpin sebuah organisasi yang mendorong minat baca dan memperkenalkan bacaan anak.Melalui buku kecil ini ia berhasil
menguak latar belakang kehidupan J.K. Buku ini juga memaparkan tinjauan ringkas dan padat.

Yang dibicarakan dalam penggalan resensi di atas adalah…
A.    Ringkasan isi buku yang diresensi
B.    Latar belakang penulis buku yang diresensi
C.    Pandangan umum tentang buku yang diresensi
D.    Hasil penelusuran penulisan sebuah buku
E.    Kelebihan dan kekurangan buku yang diresensi.

13.    Untuk menyusun resensi buku secara baik dan  tepat, maka beberapa hal yang harus  diperhatikan adalah :
(1)    Mencantumkan identitas buku
(2)    Ungkapkan sinopsis buku
(3)    Ungkapkan kelebihan dan kekurangan isi buku
(4)    Berilah kesimpulan tentang penting atau tidaknya membaca buku yang diresensi
(5)    Menilai kelebihan dan kekurangan isi buku
(6)    Tunjukkan kelebihan dan kekurangan dalam pemakaian bahasa pada buku yang diresensi

Hal pokok yang harus diperhatikan dalam menyusun resensi buku (novel) adalah…
A.    (1),(2),(3),(4) dan (5)           D.    (1),(2),(3),(5) dan (6)
B.    (1),(2),(3),(4) dan (6)           E.     (1),(3),(4),(5) dan (6)
C.    (2),(3),(4), (5)dan (6)

14.    Betapa apik Mangunwijaya menelusuri latar keturunan tokoh Atik. Ayahnya pak Asnana, adalah pecinta alam.Maka tidak mengherankan kalau anaknya Larasati kemudian menjadi ahli biologi.Atik senang dengan buku, ia satu dengan buku. Ia membuat karirnya dengan buku.Keistimewaan Mangunwijaya lagi bahwa ia menampilkan penutur-penutur  sesuai dengan tingkat dan lingkungan .
                Masalah yang disorot pada resensi di atas adalah…  .
A.    Kelebihan pengarang dalam menggambarkan latar cerita
B.    Cara Mangunwijaya dalam bercerita dalam novel
C.    Latar belakang kehidupan tokoh Atik
D.    Pemaparan keturunan tokoh Atik
E.    Kepandaian Mangunwijaya dalam menuturkan ceritanya.      
15.    Perhatikan dialog drama berikut ini !
                                                  Bentrokan dalam Asrama
      Kapten : “Sersan, apa yang kamu lakukan
                      pagi ini ?”
      Sersan  : “Siap komandan, aku sedang 
                      menyiapkan apel pagi, Kap!”
      Kapten  :”Bagus!” (sambil mengangkat ibu 
                     jari tangannya).
                    “Lalu?” (tanyanya singkat sambil
                        membetulkan ikat pinggangnya).
     Sersan    : “Tidak tahu, Kapten.”
     Kapten   : “………………………………..”
     (sambil menatap tajam kearah sersan).

       Untuk melengkapi dialog rumpang di atas, dialog yang tepat adalah…  .
A.      “Bagus, memang kamu sersan yang baik.”
B.    “Apa?”(pandangnya sambil membentak dan berkacak pinggang).
C.    “Aduh, sersan!Kamu jangan begitu!”
D.    “Oh…, mengapa kamu tidak bertanya ke aku?” (sambil menggeleng-gelengkan kepala)
E.    “Oh.., kenapa kamu menjawab begitu?”  “Dasar!”

16.    Pola pengembangan paragraf berikut ini yang   berpola pengembangan induktif adalah … ?

A.    Kebun  Binatang  Surabaya (KBS) kembali berduka, satwa di tempat ini terancam habis seiring dengan maraknya kematian secara beruntun.Kali ini ada komodo yang mati mendadak. Hal ini masih berhubungan langsung dengan perawatan satwa-satwa di tempat penangkaran binatang yang kurang mendapat perhatian itu.
B.    Kematian komodo berusia 8 tahun berjenis kelamin betina itu ditemukan sudah tidak bergerak pada pukul 23.00 WIB. Pada hari Minggu malam itu sangat mengagetkan pihak menejemen KBS. Mengingat komodo yang berada pada kandang nomor tiga itu  tidak menunjukkan tanda-tanda sakit.
C.    Kematian komodo itu sangat mendadak.Untuk mengetahui penyebabnya maka dilakukan otopsi.Dugaan sementara kematian komodo itu karena infeksi kandung telur.Namun dugaan tersebut masih perlu dilakukan pemeriksaan lebih dalam,”beber Anthan Warsito, humas KBS”, dihubungi Senin, 24 Oktober 2011.
D.    Yessi Arie Lissia dokter hewan KBS mengatakan penyebab pasti komodo berjenis kelamin perempuan itu masih menunggu hasil tes laboratorium. Bangkai hewan tersebut sudah dikirim ke laboratorium, setelah pengambilan sampel selesai.
E.    Dengan    kematian    komodo     berjenis  perempuan ini menambah daftar    panjang satwa kebun binatang kota ini yang mati mendadak.Selama bulan September hingga Oktober sudah ada beberapa binatang langka yang mati, di antaranya gajah, rusa Bawean,buaya, ular pithon,kambing gunung,rusa belang dan babi hutan.

17.    Berikut ini yang tergolong paragraf yang mendiskrepsikan tokoh secara lengkap (paragraf ekspositori ) adalah…   .

A.    Membaca resensi buku sastra (novel) sangat menguntungkan para calon pembaca novel tersebut. Dalam kebahasaan maka seorang pembaca resensi buku novel akan merasakan keuntungannya.
B.    Seorang     pembaca        akan      merasa diuntungkan  dengan keberadaan sebuah resensi buku novel. Dengan adanya resensi maka para calon pembaca novel setidaknya mendapatkan gambaran dari buku yang akan dibacanya, baik mengenai bahasa, isi buku bahkan jalan ceritanya.
C.    Bapaknya yang masih duduk senang di atas kursi rotan itu jadi menteri kabupaten di kantor patih Sumedang.Ia sudah lebih dari separuh baya, sudah masuk bilangan orang tua, tua umur, tetapi badannya masih kelihatan tegap dan wajahnya masih terlihat muda.

D.    Siapakah sesungguhnya J.K.Rowling dan bagaimana Harry Potter diciptakan?” Ini barang kali pertanyaan terbesar yang diajukan banyak orang.Ini pula yang ditelisik Lindsey  Frazer dalam buku wawancara dengan J.K.Rowling, pencipta Harry Potter.  M. Lindsey  Frazer    adalah .seseorang pemerhati buku anak-anak ternama dan pemimpin sebuah organisasi yang mendorong minat baca dan memperkenalkan bacaan anak.
E.    Menurut ketentuan sebuah pengambilan data dari sebuah buku sumber (petikan) dibedakan antara petikan panjang dan petikan pendek. Disebut petikan pendek jika pengambilan data dari buku sumber berketentuan kurang dari lima baris dan sebaliknya dikelompokkan dalam petikan panjang jika sumber petikan lebih dari lima baris.

  Perhatikan resensi buku berikut ini !
“Dari tulisan-tulisannya yang semula terlihat bahwa Idrus tidak terus menjadi yang skeptik, tetapi pernah mengalami romantiknya.Setelah bosan dengan romantik itu, dengan sengaja mencari jalan lain dan tiba dicorak kesederhanaan baru (Nieuwe Zekelijkheid) Kemudian di masa   Jepang  juga   harus  mengarang lukisan-lukisan dari kehidupan sehari-hari dipandang dari kaca mata realistis homoris yang hanya mungkin berhasil dengan ukuran yang benar tetantang perbandingan di dalam kehidupannya. Novel lainnya yang diberi judul Jalan Lain ke Roma, adalah roman perpaduan yang berhasil dan tergolong roman yang romantic idealistis Ave Maria dan Kejahatan Membalas Dendam  berupa karya realismenya. (H.B.Yassin).

18.    Perihal yang dibicarakan dalam resensi buku di atas adalah …  .
A.    Kepengarangan
B.    Kelemahan dan kelebihan buku
C.    Bahasa kepengarangan
D.    Tanggapan isi buku
E.    Ringkasan isi buku (sinopsis)

Muh.Rustandi Kartakusuma jarang sekali menulis cerita pendek. Cerpen yang akan diulas di sini berasal dari buku peringatan 70 tahun Sutan Takdir Alisyahbana yang diberi judul Pelangi (1979). Dalam buku tersebut Rustandi menulis cerpen yang diberinya judul Mangga Arumanis. Sastrawan ini dikenal sebagai penyair, penulis drama, dan cerita untuk anak-anak. Sebuah novel yang berjudul Tanah,Langit dan Cinta pernah dimuat secara bersambung dalam harian Pikiran Rakyat, Bandung pada tahun 1985, selain itu ia juga menulis novel dan cerita pendek dalam bahasa Sunda.Kekuatan cerpen Rustandi terletak dalam pemasangan kontras, Hendra sebagai pegawai yang jujur, taat beribadah, penuh kasih sayang kepada keluarga dan hanya mampu membelikan oleh-oleh dua buah mangga arumanis yang dinikmatinya bersama anak-istrinya.

19. Kalimat kritik yang menyatakan keberhasilan atau keunggulan isi cerpen  tersebut adalah….
A.    Sastrawan ini dikenal sebagai penyair, penulis drama, dan cerita untuk anak-anak.
B.    Muh.Rustandi Kartakusuma jarang sekali menulis cerita pendek. Cerpen yang akan diulas di sini berasal dari buku peringatan 70 tahun Sutan Takdir Alisyahbana yang diberi judul Pelangi.
C.    Dalam buku tersebut Rustandi menulis cerpen yang diberinya judul Mangga Arumanis.
D.    Sebuah novel yang berjudul Tanah,Langit dan Cinta pernah dimuat secara bersambung dalam harian Pikiran Rakyat, Bandung pada tahun 1985, selain itu ia juga menulis novel dan cerita pendek dalam bahasa Sunda.
E.    Kekuatan cerpen Rustandi terletak dalam pemasangan kontras, Hendra sebagai pegawai yang jujur, taat beribadah, penuh kasih sayang kepada keluarga dan hanya mampu membelikan oleh-oleh dua buah mangga arumanis yang dinikmatinya bersama anak-istrinya.

20. Kritik karangan  ilmiah bertujuan untuk...
                 A. mengungkap kelemahan hasil karangan agar diketahui pembaca
                 B. mengungkap kelebihan hasil karangan agar diketahui pemba
                 C. mengungkap kelebihan dan kelemahan hasil karangan agar diketahui pembaca
                 D. membahas kesesuaian isi karangan dengan tendens (tujuan) kritik tersebut
                 E. membantu pembaca untuk mengetahui isi karangan ilmiah tersebut


21. Berikut ini adalah ciri khusus sebuah kritik sastra, yang bukan adalah…  .
A.    Bagian akhir karya berupa sebuah kesimpulan analisis.
B.    Bertujuan menunjukkan kelebihan atau keunggulan, kelemahan atau kekurangan serta kesalahan tertentu berdasarkan sudut tertentu.
C.    Tujuan akhir membrikan dorongan atau motivasi kepada pengarang buku untuk mencapai prestasi karya yang setinggi-tingginya.
D.    Merupakan pandangan atau pendapat peribadi penulis mengenai suatu masalah kesastraan.
E.    Mengulas bahasa karya untuk memberikan gambaran kepada pembaca keuntungan dan kerugiannya jika tidak  membaca buku sastra yang dinilai.

22. Pelajaran yang dapat dipetik dari dialog drama di atas adalah….
A.    Segala persoalan hendaknya dibicarakan dengan kepala dingin
B.    Bertangan dingin untuk sesame hidup perlu dilakukan, apalagi terhadap teman dekat.
C.    Dalam membicarakan sesuatu hal hendaknya kita berdingin rasa.
D.    Seorang yang berdarah dingin dapat saja berbuat sesuatu diluar nalar kita
E.    Menanggapi sesuatu yang biasa hendaknya dengan dingin hati saja.

Bacalah teks drama “ Perempuan dalam Kereta” berikut ini !
                     (Untuk nomor soal 23,24 dan 25)

Perempuan 1     : “Karena aku bernama manusia, bukan hewan, atau tumbuh-tumbuhan.”
Perempuan 2     : “Apakah mahluk yang bernama manausia harus terkurung dalam jeruji,dan pagar-pagar seperti ini?”
Perempuan 1     : “ Karena aku bernama manusia harus terkurung dalam jeruji dan pagar-pagar seperti ini.”
                           “Perempuan loh, tidak semua. Karena tidak semua manusia mengalami nasib yang sama. Bahkan apa  yang sedang kita alami  di sini, sebagaimana juga yang dialami oleh teman-teman kita, sahabat-sahabat kita, saudara-saudara kita, yang lumpuh atau dilumpuhkan, ………………………………………
Perempuan 2     : “Ya, bisa juga!”

23. Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog dalam teks drama di atas adalah…  .
A.    Mengapa itu harus dilakukan?
B.    Apakah semua itu harus diterima begitu saja?
C.    Hampir semua ditentukan oleh manusia.
D.    Kita tak dapat menolak takdir kita.
E.    Sebagai orang tak berdaya, sebaiknya ini kita jalani saja.
24. Isi yang dapat ditemukan dalam penggalan teks drama “Perempuan dalam Kereta” di atas adalah …  .
A.    Ketidakmampuan Kepasrahan mereka yang ada dalam kereta.
B.    Ketidakmampuan dan  kepasrahan para perempuan yang berada dalam penjara.
C.    Kepasrahan mereka yang ada dalam kereta.
D.    Kepasrahan mereka yang ada dalam tekanan suatu jaman.
E.    Kepasrahan mereka para perempuan yang ada dalam tekanan suatu jaman.

25. Maksud dialog drama dalam teks di atas yang berbunyi  “Ya, bisa juga!” adalah…  .
A.    Semua manusia khususnya perempuan dapat mengalami nasib serupa.
B.    Tidak semua manusia dapat mengalami nasib serupa.
C.    Tidak semua manusia khususnya perempuan dapat mengalami nasib
D.    Semua manusia dapat mengalami nasib serupa.
E.    Semua perempuan dapat mengalami nasib serupa
26. Perhatikan bait puisi lama berikut ini ! ( untuk soal nor 26 dan 27 )
Kemumu di dalam semak.
jatuh melayang seleranya,
Meski ilmu setinggi tegak,
tidak sembahyang apa gunanya.
      Isi atau maksud dari pantun di atas adalah…  .
A.    Kepandaian setinggi apapun jika tidak diamalkan tiada gunanya.
B.    Kepandaian seseorang akan berarti jika diimbangi dengan agama yang kuat.
C.    Agama yang kuat akan semakin baik jika diikuti dengan pengetahuan yang tinggi.
D.    Ilmu yang tinggi jika tidak disertai keyakinan beragama yang kuat tiada gunanya.
E.    Ilmu dan agama yang tinggi sebaiknya dilakukan bersama-sama.

27  Isi atau maksud pantun di atas  maknanya sama dengan majas berikut ini,…
A.    Seiring bertukar jalan, seia bertukar sabut.
B.    Ingin hati memandang pulau, sampan ada pendayung tidak.
C.    Jauh panggang dari api.
D.    Mencari jejak di dalam air.
E.    Indah kabar dari rupa.

         Bacalah bait puisi KEPADA PEMIMPIN karangan Abdul Wahid Situmeang berikut ini !

Masukilah lorong di mana udara pengap
daerah mereka yang tersisih
kesepian dalam keramaian kota-kota
dihidupi mimpi demi mimpi
dalam kehidupan sehari-hari
akan lebih padat suaramu
kapan bicara di atas mimbar.
                                                                                  dipetik dari “Pembebasan”

28. Makna baris yang bunyinya “daerah mereka yang tersisih” adalah….
A.    Daerah yang tidak mendapat perhatian
B.    Kawasan kumuh dan miskin
C.    Wilayah yang jauh dan terpencil
D.    Desa yang jauh tertinggal dari pembangunan
E.    Bagian dari kota yang kotor dan miskin

29. Cematilah puisi berikut ini !
Sampai di manakah cinta Ayah dan Ibu , Anakku
Kalau tidak ke ujung-ujung jari
Akan saja tinggal menggapai, melambai dari stasiun kecil
Pelabuhan terpencil

Kemudian engkau sendirilah Ayah dan Ibu dari Nasibmu
Terimalah Bumi dan Langit, hujan  terik
Siang serta malam hari kalbumu
Sekali kan tiba saat kau tegak  sendiri
Berdirilah sat bahu kami, ya pijaklah kepala kami
Jangan bintang-bintang dari abad ke abad
Cuma dapat kami tengadahi !
                                                                                        ( karya : Zaini K.M.)UP.39/11
            Maksud   puisi   tersebut adalah
A.    Nasib anak bergantung pada    kasih sayang orang tua .
B.    Doa dan perjuangan orang tua untuk kesuksesan anak-anaknya.
C.    Orang tua yang menyayangi anaknya hingga sampai  ke ujung jari.
D.    Anak yang telah berhasil mencapai cita-citanya karena ketekunannya.
E.    Kasih sayang orang tua mengalir siang dan malam.
30. Sebuah karangan esai adalah bentuk karangan yang berisi tentang pengetahuan secara umum. Berikut ini 
        adalah kalimat esai yang berupa sebuah kata pengantar karangan esai, yaitu kalimat….
A.    Sebuah karangan esai adalah bentuk karangan yang berisi tentang pengetahuan secara umum. Berikut   
        ini adalah kalimat esai yang berupa sebuah pendahuluan karangan esai, yaitu kalimat.
B.    Para pengamat langit malam di Asia dan Eropa, mungkin bisa menyaksikan aurora, atau yang sering
       juga  disebut dengan Northern Lights, pada Selasa ini, sebagai dampak dari badai tersebut.
C.    Bagi orang-orang yang menggunakan GPS (Global Positioning System), dalam skala sentimeter, yang
        harus merasa khawatir, dan bukan orang-orang yang ingin mengetahui apakah kalian akan membelokan
        mobil dalam jarak 30 meter  atau 100 kaki ke depan.
D.    Badai matahari dapat menyebabkan sejumlah gangguan, diantaranya pada penerbangan, operasi
        perminyakan, eksplorasi Arctic, dan satelit luar angkasa.
E.    Panas matahari pengaruhnya sangat besar terhadap planet-planet lain, termasuk bumi sebagai hunian
       bagi mahluk hidup, karena itu kita wajib memperhatikan secermat-cermatnya tentang panas yang
       dipancarkan

CATATAN :
Disampaikan hasil analisis dari paqket : 13
1.D 2.E. 3.B4.D 5.A  6.B 7.E. 8.C 9.E  101. 11.A 12C. 13B. 14E  15.C  16.A  17.B.  18C.
19.A 20.A(21 s/d....nyusun) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar