Selasa, 07 Februari 2012

UCS2012-PAKET:14

                                                  PAKET:    14                             
                        UJI  COBA  UJIAN  SEKOLAH    2011-2012
                                                 Hari : Kamis, 9 Pebruari 2012                                                     
                                                 Waktu    : 75 menit
                                                  Kelas   : XII  /  IPA-IPS
PILIH  SEBUAH  JAWABAN  YANG PALING TEPAT! (SOAL 1 S/D 30) !
Bacalah teks berikut ini ( untuk soal nomor 1 – 2)
Babak baru karut marut persepakbolaan Indonesia segera berlangsung. PSSI sebgai organisasi induk sepak bola di tanah air mulai gusar dengan LPI (Liga Primer Indonesia) yang digagas pengusaha Arifin Panigoro. Kegusaran PSSI pun bukan tanpa alasan. Sebab, LPI yang dianggap sebagai liga illegal oleh PSSI berhasil menarik tiga anggota ISL (Indonesia Super League), yakni PSM Makasar, Arema Malang, Persibo Bojonegoro. Itu pun mengakibatkan terganggunya jadwal ISI serta perolehan poin dan klasemen klub-klub yang tergabung dalam kompetisi ISL. Padahal, PSSI baru saja mengangkat citra persepakbolaan dalam AFF. (dikutip dengan perubahan dari Jawa Post, Januari 2011).
1.    Kalimat utama paragraf tersebut adalah …
A.    PSSI sebagai organisasi induk sepak bola di tanah air mulai gusar
B.    PSSI berhasil menarik tiga anggota ISL (Indonesia Super League)
C.    Babak baru karut-marut persepakbolaan Indonesia segera berlangsung
D.    LPI yang dianggap sebagai illegal oleh PSSI
E.    Itu pun mengakibatkan terganggunya jadwal ISI serta perolehan poin

2.    Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah …
A.    Padahal, PSSI baru saja mengangkat citra persepakbolaan dalam AFF
B.    PSSI berhasil menarik tiga anggota ISL (Indonesia Super League)
C.    Babak baru karut-marut persepakbolaan Indonesia segera berlangsung
D.    LPI yang dianggap sebagai liga illegal oleh PSSI
E.    Mengakibatkan terganggunya jadawal ISI serta perolehan poin.

Para pelaku usaha di Jawa Timur terus berupaya melakukan terobosan utnuk menyiasati dampak berkepanjangan yang ditimbulkan oleh semburan lumpur lapindo di Sidoarjo. Usaha ini ditempuh untuk mempertahankan usaha yang menjadi sumber penghidupan mereka. Umumnya pelaku usaha ini merelokasi usaha mereka ke beberapa daerah, seperti Malang, Surabaya, dan Jakarta. Selain agar usaha mereka tetap eksis, para pengusaha ini sekaligus bertujuan mendekatkan barang-barang  hasil prouksi mereka dengan para pembeli.

3.    Kalimat pertanyaaan yang sesuai paragraf tersebut adalah …
A.    Apa akibat-akibat ditimbulkan oleh luapan lumpur lapondo di Jawa Timur terhadap para pelaku usaha?
B.    Mengapa para pelaku usaha di Jawa Timur melakukan usaha di Jawa Timur melakukan terobosan untuk menyiasati dampak semburan lumpur lapindo?
C.    Apa yang dilakukan pelaku usaha di Jawa Timur untuk menyiasati dampak berkepanjangan yang ditimbulkan oleh semburan lumpur lapindo?
D.    Berapa pelaku usaha yang merelokasi usahanya ke beberapa daerah, seperti Malang, Surabaya dan Jakarta?
E.    Kapan para pengusaha di Jawa Timur menyiasati dampak berkepanjangan yang ditimbulkan oleh semburan lumpur lapindo?

Perhatikan suntingan paragraf berikut ini !

“Mariza seorang anak yang kreativ. Mariza  dilahirkan pada bulan Pebruari. Anak itu memiliki aktivitas yang sangat tinggi. Dulu ayah seorang aktifis kampus. Meskipun sudah tua, beliau masih produktip.”

4. Penulisan kata berimbuhan serapan asing yang benar ialah …
A. Markesot seorang anak yang kreitiv                         D.  Markesot dilahirkan pada bulan Pebruari
B. Anak itu memiliki aktivitas yang sangat tinggi       E.  Dulu ayah seorang aktifis kampus
C. Merkipun sudah tua, beliau masih produktip

Cermatilah paragraf berikut !

(1)    Pada tahun itu juga, NIH (National Institute of Health) menerbitkan peraturan penelitian yang melibatkan DNA rekombinan untuk menstabilkan iklim ilmiah, meskipun gagal untuk menghentikan debat berkepanjangan di masyarakat. (2) Teknologi transgenesis kemudian menghasilkan pula produk makhluk hidup transgenic yang akan dilepas ke lingkungan? (3) Hal ini menimbulkan isu baru yang mendominasi panggung-panggung diskusi dan debat di seluruh Amerika. (4) Di lain pihak, sebagian besar ilmuwan genetika molecular sangat yakin bahwa bahaya hipotetik yang sering diperdebatkan sama sekali tidak realitis dan tidak ada bahaya yang muncul sebagai hasil penelitian rekombinasi DNA. (5) Di sinilah terjadi ketimpangan antara persepsi yang muncul di masyarakat dengan kenyataan ilmiah.
5. Kalimat simpulan dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor …
A.    (1)    B.  (2)   C. (3)    D. (4)     E. (5)

Cermati paragraf berikut ini !

Keresahan masyarakat, terutama ibu-ibu, menyangkut urusan rasa pedas akhirnya sampai pada ubun-ubun. Ini setelah harga cabai yang terus merangkak naik beberapa pekan terakhir kini menyentuh harga fantatis; Rp. 100.000,00 perkilogram. Meskipun bukan kebutuhan pokok seperti beras, bagi penggemar rasa pedas, cabai adalah elemen menu yang tidak bisa dipisahkan saat nasi tersaji di atas meja. Itulah kenapa, heboh akibat kelangkaan cabai sekarang ini sampai di mana-mana, tak hanya di dapur. (Jawa Post, Januari 2011)

6. Masalah yang disorot dalam tajuk rencan di atas adalah …
A.    Harga cabai yang  fantatis; Rp. 100.000,00 per kilogram
B.    Keresahan ibu-ibu menyangkut urusan rasa pedas akhirnya sampai pada ubun-ubun
C.    Cabai bukan kebutuhan pokok seperti beras, bagi penggemar rasa pedas, cabai adalah elemen menu yang tak bisa dipisahkan saat nasi tersaji di atas meja
D.    Heboh akibat kelangkaan cabai sekarang ini sampai dimana-mana, tak hanya di dapur.
E.    Keresahan masyarakat karena harga cabai yang terus merangkak naik beberapa pekan terakhir
    Bacalah petikan novel di bawah ini !
 Di pulau Taveuni, Fiji, sejumlah orang berkumpul tanpa  sengaja. Setiap dari  mereka diam diam menyimpan luka di hati. John  Spooke  seorang  penulis Inggris masih berduka akan kematian
istrinya. Frank  Endersen  seorang  ahli  biologi evolusionel dari Norwegia kehilangan seorang anak dalam  sebuah  kecelakaan  tragis dan  berpisah  dengan  istrinya  untuk  selama-lamanya.
Di antara mereka tidak ada yang lebih menarik perhatian  daripada   Ana dan Jose, pasangan penuh teka-teki,dari Spanyol.Mengapa mereka kerap kali saling melontarkan kalimat-kalimat ganjil  tentang alam semesta dan Joker? Mengapa Ana mirip model lukisan Maya karyaGoya yang terkenal? Dan  siap akah  Joker  itu? Apa  hubungannya dengan  Maya?  Adakah   semua  itu  “ ilusi dunia ?”“Ngomong-ngomong mereka sangat manis juga ada sesuatu yang lain.Ketika mereka datang ke meja resepsionis. Hal pertama yang kupikir adalah si wanita sangatlah mirip dengan Maya karya Goya.  “Tetapi kau tak mengatakan apapun kepadaku, mengenai hal itu!”
          “Tidak.” “Jadi, selama ini engkau memikirkan hal ini tanpa mengatakan apa pun ?”
 “Aku telah berjanji.”“Dan di tepi sungai aku tak mengucapkan satu patah katapun. Aku tak dapat  memberitaukanmu   apa-apa”  “Aku benar-benar ingin tertawa.Perutku hampir pecah. Dan aku tak dapat mengatakan apapun.”                   (Dipetik dari novel MAYA karya Jostein Gaarder. Hal. 358).

 7.  Tema yang dapat ditemukan dalam petikan novel Maya di atas adalah…  .
A.    Perjuang hidup yang dialami  oleh tokoh.
B.    Gambaran perasaan tokoh adalah keadaan yang sebenarnya
C.    Sebuah bayangan penulis tentang  kehidupan ini.
D.    Segala perasaan  seperti halnya sesuatu yang tetap  Maya.
E.    “Maya “ adalah kenyataan  keadaan yang ditokohkan.

Bacalah grafik di bawah ini  berdasarkan uraian tajuk rencana yang dikemukakan berdasarkan surve ketertarikan masyarakat dalam dunia perbankan.

    Awal tahun 1980-an minat masyarakat dalam menyikapi penyimpanan modal di bank sangat antusias. Hal ini merupakan buah kerja keras para pakar di lingkup tersebut yang dirintis sejak tahun 1960-an semasa Indonesia mengalami kesulitan karena gejolah politik yang tak kunjung selesai.Sampai-sampai pada pertengahan tahun 1980-an minat masyarakat cukup antusias terbukti mulai pedagang,pengusaha sampai para siswa ramai-ramai menabung di segala cabang bank baik bank pemerintah maupun suasta.Hal ini karena hamper seluruh bank memberikan suku bunga yang menggiurkan. Dari surve lapangan sampling yang dijadikan obyek penelitian akan ketertarikan pada penggunaan jasa bank mencapai 100%. Namun karena kenakalan yang muncul dari bank-bank tertentu tahun fase 1990-an mulai menurun sampai level 80%, dan terus menurun sampai puncaknya di awal tahun 2000-an banyak bank nakal yang dilikwidasi, sampai kepercayaan masyarakat berkisar 60% saja pada jasa bank. Usaha pemerintah terus dilakukan hingga awal tahun 2005 mulai merambat pelan sampai level 65% dan baru kelihatan jasa bank membaik hingga mendekati 90% pada awal tahun 2009
7. Berdasarkan grafik di atas maka yang menunjukkan pergeseran awal dari titik rendah ketertarikan masyarakat pada jasa bank kembali membaik adalah…
A.    Awal tahun 2005 mulai merambat pelan sampai mendekati 65%
B.    Tahun 2009 mencapai puncak kebangkitan hingga mencapai 90%
C.    Awal tahun 1980-an mencapai 100%
D.    Tahun 1990-an mencapai 80%
E.    Tahun 200-an mendekati titik rendah 60%   
Cermatilah paragraf di bawah ini !
Dengan bahasa, manusia dapat menyampaikan bermacam-macam pikiran dan perasaan kepada sesama manusia. Dengan bahasa pula, manusia dapat mewarisi dan mewariskan semua pengalaman dan pemberitahuannya. Seandainya manusia tidak berbahasa, alangkah sunyinya dunia ini…..
8.    Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
A.    Dengan bahasa kita bisa berkomunikasi dengan sesama
B.    Memang dengan bahasa, manusia dapat menyampaikan pikiran dan perasaannya.
C.    Memang bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan manusia
D.    Dengan demikian bahasa memecah kesunyian dunia
E.    Banyak sekali manfaat bahasa dalam kehidupan

9.    Cermati kalimat-kalimat berikut !
(1)    Bahasa tidak hanya digunakan sebagai sarana berkomunikasi dan berhubungan dengan ucapan saja
(2)    Respon mata dalam memandang sesuatu juga dipengaruhi oleh bahasa
(3)    Akan tetapi, pengaruhnya hanya untuk mata kanan
(4)    Para peneliti di University of California menguji hipotesis yang menyatakan bahwa bahasa berperan dalam mengatur persepsi atau pandangan dengan cara melakukan serangkaian tes warna
(5)    Dari tes tersebut, mereka menemukan bahwa manusia mampu mengenali warna lebih cepat dengan mata kanan dari pada mata kiri
Urutan kalimat yang tepat untuk dijadikan paragraf yang padu adalah …
A.    (4), (5), (1), (2), dan (3)  
B.     (1), (2), (3), (4), dan (5)
C.    (1), (3), (2), (4), dan(5)   
D.     (1), (4),(2), (3), dan (5)   
E.    (4), (5), (1), (3), dan (2)
Cermati paragraf di bawah ini !
Prestasi KPK sekarang ini bisa dikatakan cukup bagus. Banyak koruptor di mana mereka telah menyelewengkan uang negara, berhasil ditangkap oleh KPK setelah KPK mau turun ke bawah menangani langsung masalah tersebut. Para lurah, camat, bupati, gubernur, bahkan menteri sampai besan presiden pun tanpa kecuali, semuanya disikat habis oleh KPK.

20.    Perbaikan kalimat yang tercetak miring dlm kutipan tersebut adalah …
A.    Banyak koruptor yang telah menyelewengkan uang negara, berhasil ditangkap oleh KPK setelah KPK turun langsung ke bawah menangani masalah tersebut.
B.    Banyak koruptor yang telah menyelewengkan uang negara, berhasil ditangkap oleh KPK setelah KPK turun langsung menangani masalah tersebut.
C.    Banyak koruptor yang telah menyelewengkan uang negara, ditangkap oleh KPK setelah KPK turun langsung menangani masalah tersebut.
D.    Banyak koruptor dimana mereka telah menyelewengkan uang negara, ditangkap oleh KPK setelah KPK turun langsung menangani masalah tersebut.
E.    Banyak koruptor yang telah menyelewengkan uang nagara, ditangkap oleh KPK setelah KPK turun ke bawah menangani langsung masalah tersebut.
Cermatilah puisi berikut !
 Di
Di
Betul
kau pasti
sedang menghitung
berapa lagi nasib tinggal
sebelum fajar terakhir kau tutup
tanpa seorangpun tahu siapa kau dan
di
kau
maka kini
lengkaplah sudah
……………………….
dan angan-angan di hati kita
tentang sesuatu yang tak bias siapa pun
 menerangkatakan pada saat itu kau mungkin sedang
di
betul
kan
?
                                                                                                     (oleh “Noorca  Marendra”)
21.    Baris yang tepat untuk melengkapi bait  puisi tersebut adalah……
A.    hitung-hitung siapa tau                            D.  jika dihitung semua berlalu
B.    perhitungkan dengan akal                        E.  kalu kau hitung dengan aka
C.    perhitungan di luar akal  

Cermati tema karya tulis berikut!
Tema  : Upaya melestarikan ekosistem hutan dan satwa harimau di Provinsi Sumatra Utara

22.    Kalimat latar belakang yang sesuai dengn tema tersebut adalah …
A.    Sumatra Utara sebagai tempat asal habitat harimau perlu menjaga ekosistem hutannya.
B.    Sumatra Utara masih tercatat sebagai satu-satunya asal harimau.
C.    Harimau sebagai hewan yang paling mahal dijualbelikan.
D.    Hutan di Sumatra Utara adalah salah satu hutang yang luas.
E.    Hutan sebagai satu-satunya ekosistem harimau mengalami kerusakan.

Cermati judul berikut !
     Judul : Pengaruh sea games terhadap keharmonisan hubungan antar negara di wilayah asia tenggara
23.    Penulisan judul yang sesuai dengan EYD adalah
A.    Pengaruh Sea Games terhadap Keharmonisan Hubungan Negara-Negara di Wilayah Asia Tenggara
B.    Pengaruh Sea Games Terhadap Keharmonisan Hubungan Negara-Negara di Wilayah Asia Tenggara
C.    Pengaruh SEA Games terhadap Keharmonisan Hubungan Negara-Negara di Wilayah Asia Tenggara
D.    Pengaruh SEA Games terhadap Keharmonisan Hubungan Negara-negara di Wilayah Asia Tenggara
E.    Pengaruh SEA GAMES terhadap Keharmonisan Hubungan Negara-Negara di Wilayah Asia Tenggara

Cermati tema karya tulis berikut!
Tema  : Upaya melestarikan ekosistem hutan dan satwa harimau di Provinsi Sumatra Utara

24.    Kalimat latar belakang yang sesuai dengen tema tersebut adalah …
A.    Harimau sebagai hewan yang paling mahal dijualbelikan
B.    Hutan di Sumatra Utara adalah salah satu hutang yang luas
C.    Hutan sebagai satu-satunya ekosistem harimau mengalami kerusakan
D.    Sumatra Utara sebagai tempat asal habitat harimau perlu menjaga ekosistem hutannya
E.    Sumatra Utara masih tercatat sebagai satu-satunya asal harimau
 Cermatilah iklan lowongan pekerjaan berikut !
Sebuah perusahaan garmen nasional yang sedang berkembang pesat membutuhkan sekretaris dengan  persyaratan sebagai berikut.
1.    Wanita
2.    Pendidikan minimal D3 jurusan Kesekretariatan
3.    Usia maksimal 25 tahun
4.    Menguasai bahasa Inggris aktif
5.    Menguasai word, excel, dan power point
Kirimkan lamaran Anda ke HRD CV. USAHA PERSADA, Jalan Jagiran I-53 Surabaya
Jawa Post, 29 Januari 2012.


25.    Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan tersebut adalah …
A.    Berdasarkan iklan di Jawa Post, saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan sebagai sekretaris
B.    Sehubungan dengan iklan yang dimuat di harian Jawa Post, 29 Januari 2012, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai sekretaris
C.    Berdasarkan iklan yang dimuat di harian Jawa Post, 29 Januari 2012 , perkenankan saya mengajukan lamaran sebagai sekretaris
D.    Sehubungan dengan iklan yang dimuat pada harian Jawa Post, 29 Januari 2012 , kiranya saya bermaksud mengajukan lamaran sebagai sekretaris
E.    Berdasarkan iklan pada harian Jawa Post, 29 Januari 2012, dengan ini saya akan mengajukan lamaran pekerjaan sebagai sekretaris

26.    Cermati identitas pelamar berikut !
Seorang tamatan SMA bernama Fandi Doweh, Lahir di Surabaya 9 Mei 1993, alamat tinggal di Jalan Merpati 21, Surabaya.

Penulisan yang tepat  data  diri pelamar kerja dalam surat lamaran pekerjaan adalah …
A.    nama            : Fandi Doweh
tempat, tanggal lahir    : Surabaya, 9 Mei 1993
alamat            : Jalan Merpati 21, Surabaya
pendidikan        : SMA

B.    nama            : Fandi Doweh
tempat, tanggal lahir    : Surabaya, 9 Mei 1993
alamat            : Jl. Merpati 21 Surabaya
pendidikan        : SMA

C.    Nama            : Fandi Doweh
Tempat, tanggal lahir    : Surabaya, 9 Mei 1993
Alamat            : Jalan Merpati 21, Surabaya
Pendidikan        : SMA

D.    Nama            : Fandi Doweh
Tempat, Tanggal lahir    : Surabaya, 9 Mei 1993
Alamat            : Jalan Merpati 21, Surabaya
Pendidikan        : SMA

E.    nama            : Fandi Doweh
tempat/ tanggal lahir    : Surabaya, 9 Mei 1993
alamat            : Jalan Merpati 21, Surabaya
pendidikan        : SMA

27.    Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Atas segala perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan beribu-ribu terimakasih.
Perbaikan kalimat surat yang tercetak miring tersebut adalah …
A.    Atas perhatiannya dan kebijaksanaan Bapak, saya mengucapkan terimakasih.
B.    Atas perhatiannya dan kebijaksanaannya, kami mengucapkan terimakasih.
C.    Atas perhatiannya dan kebijaksanaannya Bapak, diucapkan terimakasih.
D.    Atas perhatiannya dan kebijaksanaannya Bapak, kami mengucapkan terimakasih.
E.    Atas perhatiannya dan kebijaksanaannya Bapak, saya mengucapkan terimakasih.
   Perhatikan kutipan hikayat berikut!
Hatta berapa lamanya Putri Kemala Sari pun sakit mata, terlalu sangat. Para ahli nujum  mengatakan hanya air susu harimau yang beranak mudalah yang dapat menyembuhkan penyakit itu. Baginda bertitah lagi, “Barang siapa yang dapat susu harimau beranak muda, ialah yang akan menjadi suami tuan putri.” Setelah mendengar kata-kata baginda si Hutan pun pergi mengambil seruas buluh yang berisi susu kambing serta menyangkutkannya pada pohon kayu. Maka, ia pun duduk menunggui pohon itu. Sarung kesaktiannya dikeluarkannya, dan rupanya pun kembali seperti dahulu. Hatta datanglah kesembilan anak raja meminta susu kambing yang disangkanya susu harimau beranak muda itu. Indera Bangsawan berkata, susu itu tidak akan dijual dan hanya akan diberikan kepada orang yang menyediakan pahanya diselit besi hangat. Maka, anak raja yang sembilan orang itu pun menyingsikan kainnya untuk di selit Indera Bangsawan dengan besi panas. Dengan hati yang gembira, mereka mempersembahkan susu kepada raja, tetapi tabib berkata bahwa susu itu bukan susu harimau, melainkan susu kambing.
(Hikayat Indera Bangsawan Sumber Perintis Sastra)
28.    Berdasarkan kutipan Hikayat Indera Bangsawan tersebut, karakter tokoh anak raja adalah …
A.    tokoh  yang pembobohong                                     D.  tokoh yang  licik
B.    tokoh yang  dungu                                                  E.  tokoh yang  mudah dibohongi
C.    tokoh yang mudah berbelas kasihan

    Cermati paragraf berikut ini !
Sopan santun lalu lintas merupakan suatu hal yang perlu mendapat perhatian kita semua, mengingat mobilitas penduduk semakin meningkat. Dengan anjuran untuk bersikap dan bertindak sopan di jalan raya, kita mengharapkan akan terciptanya situasi aman, tertib dan lancar di dalam proses perhubungan atau penggunaan jalan raya.
…………………………………………………….
29.    Isi paragraf di atas adalah …
A.    Mengharapkan agar tercipta situasi aman
B.    Tercipta situasi tertib dan lancer
C.    Tujuan bersikap dan bertindak sopan di jalan raya
D.    Sopan santu lalu lintas perlu mendapat perhatian kita
E.    Mobilitas penduduk semakin meningkat

Perhatikan penggalan cerpen di bawah ini !
“Hallo, Pak Pong, apa kabar? Saya senang bertemu Kakak di sini? Bagaimana ibu, Bapak dan dik Tinah?” ujarnya, datar tanpa emosi. Laiki-laki yang bertemu Pak Pong hanya melompong. “Kakak, Ibu, dik Tinah? Dia sempat mencatat kata-kata baru. Bukankah kata-kata itu dulu berbunyi, “Kakang, simbok, dan gendukku Tinah?” “Baik, baik dik, semua kirim salam rindu padamu, katanya dengan latah, “dik “nya  terasa kaku di lidah.”Dulu, orang yang ada di depannya itu dipangil dengan le saja, ketika masih sama-sama memandikan kerbau di sungai, tiap sore. Kakak tetap saja penggembira, awet muda, mereka tertawa berderai-derai ……….’’

30.    Berdasarkan penggalan cerpen di atas konflik yang ditonjolkan pengarang adalah …

A.    perasaan rindu para pelaku                   D. konflik batin pelaku utama                                                         
B.    konflik batin pelaku pembantu             E. perasaan sayang antar pelaku
C.    kecemburuan antar pelaku    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar