Selasa, 03 Desember 2013

SOAL LANJUTAN UAS 12-2013 Ganjil

PILIH JAWABAN YANG PALING TEPAT
    Untuk soal 11 sampai dengan 51

Bacalah kutipan resensi berikut ,untuk soal nomor
           Masa Depan Guru
Judul buku     : In Memoriam Guru: Membangkitkan Ruh-Ruh Pencerdasan
Penulis           : Dr. Suroso
Penyunting     : Ita Dian Novita
      Berbicara masalah guru sama seperti bernapas. Suatu hal yang harus ,dan terus menerus dilakukan .Karena guru adalah  salah satu pilar penting penyangga pendidikan ,yang merupakan jalan keluar menyiapkan generasi selanjutnya untuk memenangi persaingan pasar bebas di era globalisasi .Kuat pilar,kokoh atap,kuat guru maka kokohlah pendidikan kita. Kalau kita berhenti   berbicara   tentang guru, mungkin napas pendidikan kita pun akan berhenti.Salah satu masalah yang dihadapi guru adalah terjadinya dikotomi dalam profesi keguruan yang menyebabkan terbentuknya image pada masyarakat atas profesi guru tak seindah profesi lainnya.Di satu sisi tuntutan akan profesionalnya sebagai abdi Negara dan masyarakat kian hebat.
       Dr. Suroso,penulis In Memoriam Guru : Membangkitkan Ruh-Ruh Pencerdasan mengungkapkan dengan jelas semua permasalahan yang membelit guru. Suroso juga berbicara tentang kondisi guru. Buku ini memang sangat layak dibaca,mengingat apa yang terjadi di dunia pendidikan kita,harus cepat ditangani sebelum semuanya terlambat.

   11.  Penulisan identitas buku pada resensi tersebut kurang tepat.Hal penting yang perlu ditambahkan pada 
         identitas buku tersebut adalah ….
A.    penerbit, waktu terbit, dan tebal buku;    D. waktu terbit,tebal buku,dan pengarang
B.     penerbit,waktu terbit,dan pengarang;       E. waktu terbit,penyunting,dan pengarang
C.     penerbit, waktu terbit,dan harga buku;

   12.  Fokus ulasan pada resensi tersebut adalah ….
A.    garis besar isi buku dan kebermaknaan buku;  D. kekuatan buku dan ajakan membel;I;
B.     garis besar isi buku dan kelemahan buku;        E. garis besar isi buku dan ajakan .
C.     kelemahan dan kekuatan buku;       

    13.  Ulasan positif dalam penggunaan bahasa yang sesuai untuk melanjutkan resensi tersebut  adalah ….
A.    Penggunaan bahasa dan penyajian kurang runtut tetapi sis menarik.
B.     Secara umum isi mudah dipahami dan sangat berguna bagi.
C.     Garis besar isi buku dan kebermaknaan buku sangat menarik.
D.    Banyak dijumpai istilah-istilah asing yang kurang bias dipahami.
E.     Nilai-nilai dalam  isi buku diungkapkan dengan bahasa yang komunikatif.
  
           Bacalah kutipan novel berikut untuk menjawab soal nomor 14 dan 15!
                   Tatkala kulihat ayah akan dibawa ke dalam penjara, sebagaimana seorang penjahat
            yang   bersalah besar,gelaplah mataku dan hilanglah pikiranku dan dengan tiada ketahui,    
            keluarlah aku, lalu berteriak,”Jangan penjarakan ayahku !Biarlah aku jadi istri Datuk
            Maringgih !”
       Mendengar perkataanku ,tersenyumlah Datuk Maringgih dengan senyum yang pada penglihatanku ,sebagai senyum seekor harimau yang hendak menerkam mangsanya,dan terbanglah sukacitanya dan berahi serta hawa nafsu hewan kepada matanya sehingga terpaksa aku menutup mataku.

14.Watak tokoh aku dalam kutipan novel tersebut adalah ….
       A.    penyayang  B. penyabar   C. rela berkorban   D. penurut   E. pemarah.
    
    15.  Pendeskripsian watak tokoh “aku” dalam kutipan novel tersebut melalui ….
A.    tingkah laku tokoh ;         C. pikiran tokoh  ;        E. keadaan sekita tokoh.
B.     dialog tokoh;                    D. gambaran fisik tokoh;

    16.  Bacalah ilustrasi berikut!
                 Seseorang dengan kejenuhan akhirnya dia tidak bisa berpikir lagi dengan tenang dan
            penuh   pertimbangan ,sehingga dia putus asa.
            Jika permasalahan tersebut ditulis ke dalam larik puisi ,yang paling tepat adalah ….
A.    Bunuh saja aku dengan pedang              D. Perasaanku mati perlahan-pelan
B.     Lebih baik aku mati saja                         E. Percuma saja aku mati.
C.     Rupanya semua ini telah berakhir         

   17.  Bacalah ilustrasi berikut!
               Rasa cemburu seseorang karena dikhianati sang kekasih , membuatnya tidak bisa
           mengontrol emosinya.
           Kata sifat yang dapat dijadikan larik puisi untuk mengungkapkan ilustrasi dalam prosa
           tersebut adalah ….
A.    cemburu, emosi, dan berlebihan;         D. marah, berlebihan, dan cemburu;
B.     sakit, emosi, dan dendam;                   E. marah , benci, dan cemburu.
C.     Emosi, cemburu , dan sakit;

    18.  Perhatikan penggalan pidato berikut!
               Bertepatan dengan Hari Pahlawan ,marilah kita menjadi pahlawan untuk merekatkan
            persatuan dan kesatuan bangsa.Kita ingat lagi sejarah. Bangsa yang melupakan sejarah
            adalah bangsa yang hilang dan rakyatnya tidak memiliki semangat perjuangan .
            Mengingat sejarah bukan untuk hidup dari masa lalu ,tetapi untuk memetik pelajaran dari
            masa lalu ,tetapi untuk memetik pelajaran dari masa lalu. Kalau tidak ,kita akan terpaksa
            mengulang sejarah.Isi penggalan pidato tersebut berupa ….
A.    paparan   B. lukisan     C. alasan      D. imbauan      E. ulasan.

      19.  Perhatikan kutipan pidato berikut!
               Kita mohon ke hadirat Tuhan semoga kita dapat mengemban tugas sebagai perekat
          persatuan di tengah mosaik kemajemukan bangsa kita. Biarlah perbedaan itu ibarat taman
          yang indah dengan berbagai bunga yang berwarna-warni . Dan itu bernama Indonesia.
          Penggalan pidato tersebut merupakan ….
A.    salam pembuka   B. pembuka pidato   C. isi pidato   D. penutup pidato   E.salam penutup

20.Perhatikan ilustrasi berikut!
               Kasus yang dibahas dalam diskusi: Pelajar masih banyak yang tidak suka membaca
          karya-karya ilmiah.
          Kalimat tanya yang relevan dengan ilustrasi tersebut untuk diajukan kepada pemimpin
          diskusi adalah …
A.    Apa penyebab remaja sekarang tidak suka membaca tulisan ilmiah?
B.     Apa saja kegiatan remaja saat ini yang tidak baik dilakukan untuk mengisi waktu?
C.     Seberapa besar anak-anak itu menyukai bacaan karya ilmiah yang Anda ketahui?
D.    Di mana saja dijual buku-buku yang tergolong ilmiah yang sesuai untuk remaja?
E.     Seberapa besar peran pemerintah menyediakan buku-buku karya ilmiah ?

Bacaan berikut untuk soal nomor 21 dan 22 !
    Setiap hari tiap-tiap rumah menghasilkan sampah dapur yang cukup banyak.Di kota Surabaya khususnya terdapat sekitar 2.400 kubik sampah yang dihasilkan setiap hari. Sampah-sampah tersebut ada yang mudah diuraikan secara alami dan  ada yang sulit diuraikan secara alami. Sampah yang sulit diuraikan secara alami harus diolah dengan peralatan canggih. Selain itu, kita dapat mengolah sampah yang sulit terurai dengan kreativitas yang kita miliki .Kegiatan pengolahan sampah tersebut dapat mengurangi volume sampah di sekitar kita.

    21.  Bacaan tersebut membahas ….
A.    Jenis sampah yang sulit terurai.              D. Pentingnya pengolahan sampah.
B.     Peralatan untuk mengolah sampah.        E. Cara mengolah sampah.
C.     Penyebab timbunan sampah.

    22.  Ide pokok bacaan tersebut adalah …
A.    Pentingnya mengolah sampah yang sulit terurai secara alami.
B.     Kegiatan pengolahan sampah bertujuan mengurangi volume sampah.
C.     Timbunan sampah merupakan masalah yang tidak pernah terselesaikan.
D.    Masalah sampah timbul karena aktivitas manusia yang tidak peduli lingkungan.
E.     Sampah yang sulit terurai secara alami dapat diatasi dengan kreativitas manusia sendiri.

    23.  Cermati kutipan novel berikut!
                    Hera merasa kasihan kepada Hasna.Anak itu tidak menyukai keluarga di tengah
            kondisi genting akibat bencana gempa. Apalagi rumah tempat bernaung hancur pula. …   
           Tidak ada yang tersisa dari peninggalan orang tuanya. Semuanya hancur akibat gempa.
            Peribahasa yang tepat untuk melengkapi cerita tersebut adalah …
A.    Seperti api dalam sekam.           D. Tak usah itik diajar berenang .
B.     Jatuh ke atas tilam.                     E. Sudah jatuh tertimpa tangga.
C.     Jauh panggang dari api.

    24.  Jika kita melakukan kegiatan daur ulang kertas ini dengan  setengah hati , saya merasa
hasilnya tidak maksimal.
Arti ungkapan “setengah hati” dalam kalimat tersebut adalah ….
A.    sambil bersendau gurau           D. tidak tergesa-gesa
B.     tidak sungguh-sungguh           E. memecahkan suasana
C.     kurang memuaskan

    25.  Kalimat berikut yang menggunakan frasa adjektival adalah …
A.     Seorang teman telah mengingatkanku tentang keinginanku di masa depan.
B.     Guru yang telah mengajariku membaca puisi itu kini sudah tua.
C.     Aku harus pergi sekarang agar tidak tertinggal kereta.
D.    Bu Ina sedang makan saat mendengar kabar dari Surabaya itu.
E.     Aku berjanji besok malam akan datang ke rumahmu.

Bacalah dengan saksama puisi berikut untuk menjawab soal nomor 26 sd. 28!
    Sampai di manakah cinta Ayah dan Ibu,anakku
    Kalau tidak hingga ke ujung –ujung jari
    Akan tinggal saja menggapai ,melambai dari stasiun kecil
    Pelabuhan terpencil
    Kemudian engkau sendirilah Ayah dan Ibu
    Terimalah bumi dan langit,hujan terik
    Siang serta malam hari kalbumu
    Sekali kan tiba saat kau tegak sendiri
    Berdirilah atas bahu kami, ya pijaklah
    Jangkau bintang-bintang yang dari abad ke abad
    Cuma dapat kami tengadahi!

     26.  Makna “stasiun kecil” pada puisi tersebut adalah ….
A.    terminal   B. rumah    C. pedesaan    D. halte     E. peristirahatan.

    27.  Maksud puisi tersebut di atas adalah …
     A.    Doa dan perjuangan orang tua untuk keberhasilan anaknya.
     B.     Orang tua yang sangat menyayangi anaknya hingga ke ujung jari.
     C.     Anak yang sudah berhasil meraih cita-cita berkat ketekunannya.
     D.    Kasih sayang orang tua kepada anak-anaknya mengalir siang malam.
     E.     Nasib seorang anak bergantung pada kasih sayang orang tuanya.

      28.  Suasana dalam puisi tersebut adalah ….
A.    bimbang    B. damai     C. mencekam     D. tegang    E. resah.

      29.  Bacalah teks pidato berikut dengan saksama!
                 Teman-teman ,seperti yang telah saya uraikan sebelumnya bahwa kenakalan remaja 
           dapat diatasi dengan salah satu cara yaitu menyalurkan kelebihan energi yang dimiliki
           remaja pada kegiatan yang positif dan dinamis ….
              Kalimat ajakan yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah …
A.  Oleh karena itu, marilah kita bekerja sama mencari jalan keluar untuk kegiatan remaja yang positif dan dinamis agar dapat mengurangi dampak negatif  kenakalan remaja.
B.  Oleh sebab itu ,diharapkan pandangan positif dari orang dewasa terhadap remaja-remaja seperti kita ini.
C.  Oleh karena itu marilah kita tuntut pihak sekolah agar membuka kegiatan ekstrakurikuler sebanyak-banyaknya demi penyaluran hobi kita.
D.  Oleh sebab itu, remaja dan kenakalannya tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan modern.
E.   Oleh karena itu,marilah kita bersama-sama rajin membantu orang tua agar mereka saying dan tidak menuding remaja yang nakal.

          30.   Pahami dengan saksama paragraf rumpang berikut!
. . . terakhir ini, para remaja secara … menggandrungi semua tarian barat, seperti breakdance, salsa, atau freedance … generasi muda terhadap seni tradisional sangat memprihatinkan . Kita tidak . . . , tetapi kecintaan terhadap seni budaya sendiri jangan sampai terkikis.

Kata baku yang penulisannya tepat untuk melengkapi paragraph rumpang tersebut ….
A.    Dasa warsa, membabi buta, Ketidak tahuan, anti barat
B.     Dasawarsa, membabi buta, Ketidaktahuan, antibarat
C.     Dasa warsa, membabibuta, Ketidakan tahu, anti barat
D.    dasawarsa, membabibutaan, ketidaktahuan, Antibarat
E.     dasa warsa,membabi buta, ketidak tahuan, Anti barat.

Laporan berikut  untuk soal nomor 31 dan 32 !
          Laporan Resume Berita Sebanyak 3.000 Guru Disebar ke Pelosok Indonesia
Pelapor    : Putut Abimanyu
Tujuan     : memperoleh informasi mengenai pemerataan guru di Indonesia
Waktu     : Jumat, 28 Desember 2012
Tempat    :di ruang baca perpustakaan
Hasil        :   Pada tahun 2013 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan(Kemendikbud) akan
                 memperluas sebaran guru-guru ke pelosok Indonesia. Perluasan sebaran guru   
                 tersebut dilaksanakan melalui program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan,
                 Terluar dan Tertinggal (SM3T).Rencanaya daerah baru yang akan dijadikan
                 sasaran untuk program penyediaan guru di daerah 3T ini adalah wilayah
                 perbatasan Kalimantan.Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ,MUh.Nuh
                 ,mengatakan bahwa selama ini program penyediaan guru di daerah 3T ini baru
                  meliputi tiga daerah yaitu Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Aceh. Kemendikbud
                  akan melakukan penambahan daerah sasaran agar semua anak Indonesia dapat
                  mencecap pendidikan . Hal tersebut dikemukakan Mohammad Nuh di Gedung A.  
                  Kemendikbud ,Jakarta,Jumat(28/12/12) Jumlah guru baru rencananya akan
                 ditambah menjadi 3.000 guru baru di daerah 3T. Pada tahun2012 hanya tercatat
                 2.479 guru yang telah dikirim ke daerah 3T. Selaiitu ,jumlah mahasiswa asal
                 daerah 3T yang hendak direkrut untuk disiapkan menjadi guru ditambah menjadi
                 2.600 orang.

        31.  Laporan tersebut membahas ….
A.    Proses pemerataan guru  di Indonesia
B.     Penambahan jumlah guru di perkotaan
C.     Rencana pemerataan guru  di Indonesia
D.    Pembenahan pendidikan di daerah tertinggal
E.     Pemerataan pembangunan di daerah pedalaman.

       32.  Pendapat pada laporan terdapat dalam kalimat …
A.    Pada tahun 2013 Kemendikbud akan memperluas sebaran guru-guru ke pelosok Indonesia.
B.     Perluasan sebaran guru-guru tersebut melalui program Sarjana Mendidik di daerah 3T.
C.     Rencananya daerah baru yang akan dijadikan sasaran 3T adalah wilayah perbatasan Kalimantan
D.    Kemendikbud akan melakukan penambahan daerah sasaran agar semua anak Indonesia dapat mencecap pendidikan.
E.     Jumlah guru baru rencananya akan ditambah menjadi 3.000 guru baru di daerah 3T.           
           
        
Cermatilah bacaan berikut untuk soal nomor 33 dan 34!
Sanitasi lingkungan merupakan unsur mendasar dalam menjaga kesehatan. Sanitasi lingkungan dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas dari penyakit. Lingkungan yang bebas dari penyakit  adalah lingkungan bersih. Jadi ,kita harus menjaga kebersihan jasmani , pakaian, dan kebiasaan seseorang ,kebersihan jalan, rumah, saluran air, serta kebersihan makanan dan minuman.

       33.  Masalah yang dibahas dalam bacaan di atas adalah ….
              A.    kebersihan lingkungan          C.  sanitasi lingkungan     E. kebersihan rumah
              B.     lingkungan sehat                  D. kebersihan jasmani

       34.  Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf adalah …
A.    Kebersihan lingkungan merupakan faktor utama agar kita terhindar dari penyakit.
B.     Lingkungan bersih lingkungan yang bebas dari penyakit mematikan.
C.     Sanitasi lingkungan dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.
D.    Kebersihan jasmani dan rohani merupakan faktor penentu seseorang dikatakan sehat.
E.     Lingkungan yang bebas penyakit merupakan lingkungan yang rapi,indah, dan rindang.

      Paragraf berikut untuk soal nomor 35 dan 36 !
            Penduduk Desa Sajang ,Kecamatan Sembalun, Lombok Timur(Lotim) ,Nusa Tenggara
      Barat ,dilanda krisis air bersih. Sebelum krisis air bersih ,berbagai program pengadaan air
      bersih telah masuk ke desa tersebut. Namun,aliran air hanya berjalan sesaat, lalu macet.
            Segala upaya telah dilakukan penduduk setempat, misalnya  secara swadaya penduduk
      desa memasang pipa sepanjang 8,5 km dari sumber ,lalu dialirkan ke beberapa musala
      sekaligus tempat warga antre mengambil air. Setahun kemudian instalasi pipa bocor dan 
      jebol tergerus  air bah pada musim hujan.
            Kini satu-satunya pilihan penduduk Desa Sajang untuk memenuhi kebutuhan air bersih
      adalah mengomsumsi air sungai. Mereka menggunakan air sungai untuk mandi ,memandikan
      ternak ,dan memasak. Selain mengambil air di sungai,penduduk menggali tanah yang
      diyakini menyimpan air untuk minum dan memasak. Ada pula penduduk yang mengambil air
      ke sumber air yang berjarak 3 km dari kampung. Bahkan, ada anak-anak yang rela libur
      belajar mengaji dan tidak sekolah karena ikut antre mengambil air.

     35.  Gagasan utama paragraf  pertama tersebut …
A.    Musibah di Desa Sajang .                  D. Program pengadaan air bersih .
B.     Krisis air bersih di Desa Sajang.        E. Pemasangan instalasi pipa.
C.      Musim hujan di Desa Sajang

    36.  Paragraf kedua memuat ide pokok …
       A.    Penduduk Desa Sajang membuat penampungan air.
       B.     Penduduk Desa Sajang memperbaiki saluran air.
       C.     Penduduk Desa Sajang mengomsumsi air sungai.
       D.    Penduduk Desa Sajang mengantre air bersih.
       E.     Penduduk Desa Sajang mengomsumsi air bersih.

    37.       Bapak dan Ibu warga Sampang yang saya hormati .Telah kita ketahui bahwa penyakit  flu burung telah merenggut banyak saudara kita beberapa bulan ini. Oleh karena itu, kita harus terus waspada terhadap unggas –unggas yang mati di sekitar lingkungan kita. Segera bawa ke Puskesmas jika ada anggota keluarga yang terkena gejala penyakit yang menyerupai penyakit flu burung .
  
           Gagasan kutipan sambutan tersebut adalah …
     A.    Pemberitahuan tentang maraknya penyakit flu burung .
     B.     Ajakan kepada warga masyarakat Sampang untuk segera pergi ke Puskesmas.
     C.     Memberi tahu warga masyarakat untuk segera membunuh unggas-unggas piaraan mereka.
     D.    Memberi tahu masyarakat untuk mengasingkan warga yang terkena gejala penyakit tersebut.
     E.     Mengajak warga Sampang untuk waspada terhadap unggas-unggas yang mati di lingkungan
sekitar dan segera membawa anggota keluarga yang kena gejala flu burung ke Puskesmas.

    38.  Bacalah puisi berikut!
                 Pahlawan dan Sok Pahlawan
                         Karya: Remy Silado
yang berjuang dulu
dan mati dalam perang
memang disebut pahlawan
(gambar pejuang tanpa pamrih)

 yang berjuang dulu
 tapi hidup senang sekarang
 ingin juga disebut pahlawan
 gambar pejuang dengan pamrih

Puisi di atas memiliki tema ….
A.    Kesedihan seseorang terhadap nasib pahlawan
B.     Kekecewaan seseorang terhadap arti pahlawan
C.     Kebahagiaan seseorang terhadap seorang pahlawan
D.    Kebenciaan seseorang terhadap pahlawan muda
E.     Kebanggaan seseorang terhadap perjuangan pahlawan

      39.  Suasana yang tergambar dalam puisi tersebut ….
A.    cemas    B. bangga    C. sedih    D. senang     E. haru

Kutipan  novel berikut untuk soal nomor 40 dan 41!
     “ Hayo, Mas Insinyur melamun ya?” suara Eliana mengagetkan lamunannya.
“Eti … tidak! Saya hanya takjub dengan suasana malam kota ini. Dan saya bertanya kapan bisa memiliki mobil semewah ini,dan mengendarainya bersama istri di kota ini?” jawab Azzam sedikit gugup. “Wah impian Mas Insinyur tinggi juga ,ya ? Saya yakin jarang ada orang yang bermimpi seperti Mas. Anak muda Indonesia yang punya impian mengendarai mobil BMW saya rasa tidak banyak. Apalagi yang bermimpi mengendarainya bersama istrinya di kota ini. Jangankan bermimpi seperti itu ,BMW saja mungkin ada yang belum tahu apa itu dan ada yang belum pernah melihat bentuknya. Lha bagaimana bisa bermimpi?Bahkan, mungkin di antara anak muda Indonesia,terutamadi daerah terbelakang masih ada yang beranggapan bahwa BMW itu merek sepeda,sejenis BMX.” Azzam tersenyum mendengar komentar Eliana.

        40.  Tokoh Eliana memiliki sifat ….
              A.    Ramah    B. jahat   C. sentiment    D. sabar    E. peduli

        41.  Latar waktu dalam kutipan novel di atas ….
            A.    pagi hari      B. siang hari      C. senja hari    D. malam hari    E. tengah malam

Bacalah paragraf berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 42 dan 43!
                 Semburan Baru Muncul di Mindi
     Semburan lumpur,air, dan gas baru keluar dari halaman belakang rumah salah seorang penduduk, warga desa Mindi, kecamatan Porong, kabupaten Sidoarjo. Semburan itu merupakan semburan ke -59 yang muncul di sekitar semburan utama. Menurut seorang ahli dari Leader Team Fercago,perusahaan yang mengawasi gas-gas berbahaya di sekitar pusat semburan , semburan itu sama dengan 58 semburan liar sebelumnya. Semburan liar itu juga tidak berbahaya dan tidak akan membesar. Kalau dibiarkan semburan itu akan mengecil sendiri. Untuk menutup semburan ,hari ini akan dimasukkan 100 kilogram semen ke dalam lubang asal semburan.

       42.  Fakta dalam teks tersebut yang tepat adalah …
            A.    Semburan lumpur baru merupakan semburan ke -59.
            B.     Semburan liar itu tidak berbahaya seperti semburan yang lainnya.
            C.     Semburan liar itu sama dengan semburan sebelumnya.
            D.    Semburan liar itu akan mengecil dengan sendirinya.
            E.     Untuk menutup semua semburan itu, diperlukan 100 kilogram semen.
  
    43.Opini dalam teks tersebut adalah …
                 A.    Semburan liar itu terjadi di halaman rumah seorang warga.
                 B.     Semburan liar itu tidak berbahaya dan akan mengecil dengan sendirinya.
                C.     Semburan itu merupakan semburan yang ke -59.
                D.    Rumah warga yang terkena semburan terletak di desa MIndi ,kecamatan Porong,Sidoarjo.
                E.     Hari ini ke dalam lubang asal semburan dimasukkan 100 kilogram semen.  

44. Bacalah kutipan gurindam berikut!
-          Kurang pikir kurang siasat
-          Tentu dirimu kelak tersesat
      
       Maksud isi kutipan gurindam tersebut ….
A.    Sifat cermat dalam berbuat membawa kesuksesan.
B.     Berpikir dalam bertindak ,belum tentu selamat.
C.     Tiada guna menyesal bila sudah tersesat.
D.    Sifat terlalu hati-hati akan baik hasilnya.
E.     Sifat kurang cermat berpikir akan membawa kerugian.

    45.  Perhatikan kutipan gurindam berikut!
-           Hati-hati memilih kawan
-          Salah-salah menjadi lawan
           Maksud gurindam tersebut …
A.    Berhati-hati bergaul dengan teman, jangan sampai menyakitinya.
B.     Pandai memilih teman yang baik dan jujur sehingga menjadi teman yang sejati.
C.     Cermatilah memilih teman karena yang disangka teman bias menjadi musuh.
D.    Baik-baik kepada semua teman agar selalu tetap bersahabat.
E.     Bergaullah dengan teman sebaik mungkin agar tidak dimusuhi.

Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 46 s.d 48!

     Tatkala aku masuk sekolah Mulo,demikian fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga orang yang hanya mendengarkanku berbicara dan tidak melihat aku ,mengira aku anak Belanda. Aku pun bertambah lama bertambah percaya pula bahwa aku anak Belanda,sungguh hari-hari ini makin ditebalkan pila oleh tingkah laku orang tuaku yang berupaya sepenuh daya menyesuaikan diri dengan langgam lengggok orang Belanda.

   46.  Sudut pandang pengarang yang digunakan dalam kutipan cerpen di atas adalah ….
        A.    orang pertama pelaku utama       C. orang ketiga pelaku utama
        B.     orang ketiga pelaku sampingan   D. orang pertama dan ketiga       E. orang ketiga serba tahu

47.  Watak tokoh “aku” dalam penggalan cerita tersebut adalah  ….
A.    percaya diri    C. mudah menyesuaikan  E. sombong
B.     rajin                D. mudah dipengaruhi.

   48.  Amanat dalam kutipan cerpen di atas adalah …
A.    Jangan cepat menyerah  pada keadaan bagaimana pun juga.
B.     Jangan membuang waktu selagi masih ada waktu.
C.     Sebaiknya kita menyesuaikan diri dengan keadaan.
D.    Jangan lupa diri bila menguasai orang.
E.     Jangan mudah dipengaruhi oleh orang lain.

   49.  Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
                       Bangunan sekolah Menengah Atas(SMA) Negeri I Rajeg di Desa Sukatani ,
           Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, nyaris ambruk. Padahal bangunan senilai
           Rp 3,9 miliar itu baru digunakan enam bulan lalu.

           Saran yang sesuai dalam peristiwa bacaan tersebut adalah …
     A.    Hendaknya pemerintah lebih teliti dalam mendirikan bangunan sekolah.
     B.     Sebaiknya pemerintah menyiapkan dana yang cukup banyak dalam mendirikan bangunan.
     C.     Sekolah jangan dijadikan sebagai tempat pacaran.
     D.    Seharusnya orang tua murid juga ikut membantu  dalam pendanaan pendirian sekolah.
     E.     Siswa janganlah hanya berpangku tangan.

     50.  Perhatikan kalimat penutup surat lamaran berikut!
                      Besar harapan saya untuk dapat diterima bekerja pada perusahaan Saudara. Atas
           budi baik serta perhatian Saudara saya mengucapkan banyak terima kasih.

           Perbaikan yang tepat kalimat yang tercetak miring pada kutipan surat tersebut adalah …

            A.    Karena itu, perkenankan sebelumnya saya menghaturkan terima kasih.
            B.     Untuk itu semua, saya mengucapkan terima kasih banyak.
           C.     Saya mengucapkan terima kasih atas perhatiannya saudara itu.
           D.     Atas perhatian Bapak/Ibu ,saya ucapkan terima kasih.
           E.     Atas perhatian Saudara , saya mengucapkan terima kasih .

      51. Berikut ini yang tergolong kalimat majemuk setara membandingkan adalah....
A.    Kehidupan yang dirasakan masyarakat Indonesia saat ini jauh berbeda dengan masa
sebelumnya.
           B. Kemarin, hari ini dan mungkin lusa kau tak akan berubah jika tak ada usaha yang berarti.
           C. Bunga mawar yang merah merona itu harumnya hingga menarik kumbang yang datang.
           D. Dalam bukunya Tak Putus Dirundung Malang Nur berkisah tentang dirinya sendiri.
           E. Sebulan lamanya ia meninggalkan rumah tak terasa kandungan ibu muda itu sudah terlihat
                nyata.

                     
   
-