Minggu, 30 September 2012

SIAP UTS.1- XI-2012

SUDAHKAH ANDA MENYELESAIKAN PENUGASAN DI POSTING SIAP UTS.1-XI/2012?
JIKA BELUM SEGERA LAKUKAN !
SOAL LANJUTAN:
36. Berikut ini adalah ciri MEMO sebagai jenis surat dinas, yang bukan adalah... .
      a. bahasanya resmi
      b. pada umumnya dibuat oleh seseorang yang berkedudukan lebih tinggi
      c. berisi pesan singkat
      d  menggunakan kalimat luas dengan harapan isinya jelas
      e. menggunakan kata permohonan sebagai pembuka memo
37. Surat dinas adalah jenis surat yang berbahasa resmi. Berikut ini adalah kalimat
      pembuka MEMO yang tepat, yaitu... .
      a. Bersama  MEMO  ini saya kirimkan kepada...  .
      b  Saya mohon kepada Bapak Imron agar...  .
      c. Dengan MEMO ini saya memberitahukan...  .
      d. MEMO ini sebagai pemberitahuan agar bapak,ibu serta saudara...   .
      e. Kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Imron atas...   .
38. Kalimat penutup MEMO yang tepat adalah...
      a. Atas bantuannya saya mengucapkan terima kasih.
      b. Saya mengucapkan terima kasih atas segala bantuan yang diberikan.
      c  Terima kasih atas bantuan Bapak.
      d. Saya ucapkan terima kasih.
      e. Sekian terima kasih.
39. Berikut ini adalah bagan MEMO yang tepat, yaitu...
      a. pembuat memo. penerima pesan, isi pesan
      b. judul , isi dan penutup MEMO
      c  pembuat pesan, isi pesan dan penutup pesan
      d. salam pembuka, isi dan penutup MEMO
      e. Salam pembuka, tubuh dan pertanggung jawaban MEMO
40. Perbedaan yang mendasar antara bentuk surat blog dan balok terdapat pada...  .
      a. kota dan tanggal surat                           d. tubuh surat
      b. tujuan surat                                           e  sistem penulisan surat
      c. salam pembuka surat


SIApUTS-XI-2012

SIAP UTS-XI/2012-GANJIL
Bacalah penggalan teks berita berikut ini !

     Sontak aksi anarkis siswa SMAN 6 Jakarta ini memunculkan aksi demo yang mengecam tindakan kekerasan di dunia pendidikan. Tidak hanya itu solidaritas juga datang dari para jurnalis yang mengecam agar pelaku penganiayaan terhadap wartawan harus ditindak tegas tanpa pandang bulu.
       Kekerasan tentu saja bukan jalan keluar untuk menyelesaikan persoalan. Namun jika tawuran selalu terjadi berulang kali dan menjadi sebuah tradisi, tampaknya sudah waktunya pemerintah turut andil. Adakah yang salah dengan dunia pendidikan di Indonesia.
       Menjadi pertanyaan banyak orang mereka justru melakukan aksi tawuran di lingkungan sekolahnya sendiri. Dimanakah guru dan kepala sekolah mereka. Tawuran justru mendatangkan banyak kerugian materil, seperti kerusakan fasilitas umum hingga diliburkannya kegiatan belajar mengajar.
(Liputan.6com, September,27,2012)

2.      Isi teks berita tersebut adalah…  .
a     Aksi anarkis siswa SMAN 6 Jakarta ini memunculkan aksi demo.
b.       Aksi demo yang mengecam tindakan kekerasan di dunia pendidikan.
c.       Tidak demo hanya  solidaritas yang juga datang dari para jurnalis.
d.       Kekerasan tentu saja bukan jalan keluar untuk menyelesaikan persoalan.
e.       Aksi tawuran terjadi di lingkungan sekolahnya sendiri.
3.      Paragraf berikut ini yang tidak tergolong paragraf induktif adalah … .
a.      Abu alias Dedi Triyuda (17) siswa Sekolah Menengah Kejuruan Baskara tewas setelah tawuran melawan SMK Pancoran Mas, Kota Depok. Abu mengalami luka di bagian selangkangan kaki dan kepala karena benda tajam dan benturan benda tumpul.
b.    Ia bersama temannya terlibat tawuran di Jalan Raya Sawangan. Truk yang mereka tumpangi macet ketika melewati jalan menanjak. Saat itulah tawuran pecah, hingga membuat Abu terluka parah.
c.   Seorang temannya membawa Abu ke Klinik Depok Dua di Jalan Keadilan Nomor 41, Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Depok. “Mayat sampai klinik pukul 15.00. Seorang turun dari angkot membawanya dalam kondisi sudah tidak sadar. Lalu dia bilang ke saya ‘Tolong dibersihin’,” tutur Pandu (23) penjaga klinik Depok Dua.
d.      Seorang yang membawa mayat Abu lalu meninggalkan klinik menggunakan angkot. Abu ketika tidak berdaya masih menggunakan seragam sekolah. Sayangnya pada saat mayat Abu datang klinik sedang tutup.
e   Saat ini beberapa rekan Abu menjalani pemeriksaan di Markas Polsek Pancoran Mas. Warga kemudian setelah melaporkan peristiwa ini ke kepolisian, lalu pihak kepolisian melacak dan akhirnya ditemukan teman-teman Abu.

4.      Berikur ini adalah syarat pokok sebuah drama, yang bukan adalah…  .
a.       teks             c.  tokoh         e. penonton
b.      panggung       laikting
5.   Pentas drama selalu melibatkan beberapa aspek terkait. Berikut ini yang tidak berhubungan dengan pementasan drama adalah…
a.       panggung       c. penonton    e. bloking
b.      tokoh              improfisasi
6.   Seorang pelaku drama harus memahami istilah-istilah dalam drama. Berikut ini yang bukan istilah dalam drama adalah…  .
a.       tokoh             c. laikting       e  figuran
b.      narator           d. bloking
7.   Kalimat dalam sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat ide pokok disebut…  .
a.       kalimat lengkap
b    kalimat utama
c.       kalimat pengembang
d.      kalimat asal
e.       kalimat dasar
8.      Hubungan antar kalimat dalam paragraf  sangat penting. Tanpa adanya hubungan antar kalimat dalam paragraf  maka makna paragraf tidak dapat diwujudkan. Hubungan antar kalimat dalam paragraf disebut…  .
a.       kohesi      c. koherensi     e. komposisi
b.      eksposisi  d. improfisasi
9.      Yang disebut surat dinas adalah…  .
   a    surat untuk kedinasan
b.       surat yang mengutamakan tujuan
c.      surat yang mengutamakan isi
d.       surat yang mengutamakan bahasa
e.      surat yang mengutamakan isi dan bahasa

10.  Berikut ini yang tidak tergolong jenis surat dinas adalah surat…  .
a.       akta               c. ekspedisi       e. perintah
b.      keputusan       d. undangan ulang tahun
11.  Surat dinas yang berisi tentang pesan singkat disebut…  .
     a   MEMO          d. surat akta perjanjian
     b.  proposal         e. surat  keputusan
     c.  surat printah
14. Bagan surat dinas atau surat resmi ditentukan  secara tepat. 
     Ketentuan penulisan nama kota dan tanggal surat dinas berikut ini yang benar adalah…  .
      a   Surabaya, 5  Oktober  2012
b.  Surabaya 05-Oktober-2012
c.  Surabaya 5  Oktober   2012
d. Surabaya, 5  Oktober  2012.
e. Surabaya, 05 Oktober  2012

15. Pembuka isi MEMO berikut ini yang tepat  adalah…  .
      a.   Mohon Bapak mewakili saya untuk….
      b   Dimohon Bapak mewakili saya untuk….
      c   Diharap Bapak mewakili saya untuk….
      d   Harap bapak mewakili saya untuk….
      e   Tolong bapak mewakili saya untuk….
16. Perhatikan MEMO berikut ini !
       Dari   : Drs. Kunarso  (Direksi)  PT.Buana Putra
       Untuk: Dra.Winarti (Sekretaris) PT.Buana Putra

          Mohon Ibu mewakili saya untuk memimpin
    rapat karyawan pada hari Selasa,2 Oktober 2012 pukul 10.00 sampai selesai.
                                 Surabaya,1 Oktober 2012
                                                ttd.
                                         Drs.Kunarso
                                           (Direksi)

       Memo di atas kurang tepat. Ketidak tepatan 
       MEMO tersebut disebabkan oleh…
    a   Isi MEMO kurang sempurna
b.  Struktur memo tidak sesuai dengan bagan  MEMO
c.    Pembuat MEMO
d.   Penerima pesan  MEMO
e.    Penggunaan bahasa MEMO

Bacalah teks berita berikut ini !
Pelajar SMK Tawuran Siswa Baik-baik Ini Tewas
Posted by Ilham Mahesa Sinaga on Sep 13th, 2012 // No Comment
    (1) Untuk keenam kalinya setelah Lebaran, kekerasan terjadi antara siswa Sekolah Menengah Kejuruan Baskara dan SMK Pancoran Mas, Kota Depok. Kedua siswa sekolah ini dikenal bermusuhan. Saat bertemu di mana pun dan kapan pun, kedua pihak saling menyerang dan melukai sehingga meresahkan warga setempat.
     (2)Rabu (12/9/2012) pukul 14.30, Permusuhan kedua sekolah ini memakan korban. Abu alias Dedi Triyuda (17), yang dikenal sebagai siswa baik-baik, tewas ketika puluhan siswa SMK Pancoran Mas menyerang di Jalan Raya Sawangan. Ketika itu Abu bersama 11 rekannya dari SMK Baskara naik truk pengangkut semen.
Penyerangan terhadap siswa SMK Baskara melukai beberapa siswa hingga kemudian menewaskan Abu.
    (3) Dia menderita luka karena lemparan batu di kepala dan luka tusuk di selangkangan. Seorang rekannya berusaha menyelamatkan Abu dengan mencegat pengendara sepeda motor, lalu meminta membawa ke dokter atau rumah sakit terdekat. Pukul 15.00, warga menemukan Abu tewas di Apotek Depok Dua, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Kota Depok.
   (4)  Kedua sekolah memang sering tawuran. Kami sudah sering mendamaikan, menggelar mediasi, dan penyuluhan. Namun, tetap saja mereka terus tawuran. Peristiwa ini terjadi setelah dua hari sebelumnya mereka tawuran di Jalan Merpati, Depok,” kata Wakil Kepala Polsek Pancoran Mas Ajun Komisaris Ibnu Salim, Rabu (12/9/2012) malam.
   (5)  Setelah tawuran, polisi mencari saksi dan meminta keterangan mereka. Di lokasi tawuran di Persimpangan Kodim, Jalan Raya Sawangan, polisi menemukan besi lengkung seperti celurit sepanjang 50 sentimeter, semprotan sejenis piloks, dan batu-batu yang diduga dilemparkan saat tawuran.

17. Setelah membaca teks berita di atas maka dapat ditegaskan  bahwa  yang  menjadi pokok berita adalah paragraf… .
a.    (1)    b   (2)   c. (3)     d. (4)      e. (5)  
18. Data yang dapat ditemukan dari sumber bacaan artikel di atas sebagaimana disebutkan di bawah ini, yang bukan  adalah…   .
a. siswa SMK pelaku tawuran pelajar
b. kurban tawuran
c. enam kali terjadi tawuran setelah lebaran
d. meresahkan warga sekitar daerah tawuran
e  tidak ditemukan saksi setelah polisi mencarinya

19.  Isi berita yang dapat ditemukan dalam teks di atas adalah…  .
        a.  tawuran pelajar terjadi lagi
b. tawuran pelajar makan kurban
c. tawuran pelajar makan kurban siswa terbaik
d. tawuran pelajar terjadi antara SMK Baskara dengan SMK Pancoran Mas
e. Tawuran pelajar SMK Baskara dan SMK Pancoran Mas menewaskan Abu alias Dedi Triyuda.

20.   Perhatikan paragrf berikut ini !
Permusuhan kedua sekolah ini memakan korban. Abu alias Dedi Triyuda (17), yang dikenal sebagai siswa baik-baik, tewas ketika puluhan siswa SMK Pancoran Mas menyerang di Jalan Raya Sawangan. Ketika itu Abu bersama 11 rekannya dari SMK Baskara naik truk pengangkut semen.Penyerangan terhadap siswa SMK Baskara melukai beberapa siswa hingga kemudian menewaskan Abu.

Paragraf tersebut tergolong paragraf…   .
a  deduktif     c. induktif     e. ineratif
b.   naratif       d. deduktif-induktif
 21. Dihasilkannya sastra terjemahan sangat  mempengaruhi  hasil sastra Indonesia. 
       Pengaruh positif yang dirakan adalah…  .
             a.   memperkaya pustaka sastra Indonesia
      b   menimbulkan daya tarik pembaca sastra
      c   mengembangkan daya imaji pembaca sastra
      d   menghasilkan tema cerita yang beragam
      e   sebagai pembanding karya sastra asli Indonesia

22. Karya sastra terjemahan adalah karya sastra yang mengalami alih bahasa. 
    Hal yang tidak dapat diubah dalam karya sastra terjemahan adalah semua 
    pernyataan berikut ini, kecuali…
a judul cerita       c.   tema cerita              e. tokoh cerita
b.amanat cerita   d.   isi cerita
23.Karya sastra terjemahan dalam sastra Baru
      Indonesia pertama kali dihasilkan berjudul…  .
a.       Tiga Menguak Takdir
b.      Mencari Pencuri Anak Perawan
c.       Anak Perawan di Sarang Penyamin
     d    Si Jamin dan Si Johan
     e.  Tak Putus Dirundung Malang
24. Setelah membaca hasil sastra bentuk prosa terjemahan yang berjudul 
   Topeng Hitam dan Perempuan Jogja maka dapat disimpulkan 
   bahwa dua sastra terjemahan tersebut mempunyai persamaan dalam hal…  .
a   amanat cerita
b.  tema cerita
c.       isi cerita
d.      alur (plot) cerita
e.       latar cerita (setting)
25. Bacalah petikan sastra terjemahan Perempuan Jogja berikut ini !
      “Inggih, Bulik.Saya akan tabah.”
      “Ayo ke luar menemui para tamu. Tunjukkan kepada mereka kamu istri Danu 
        yang sesungguhnya.”
      “Inggih, Bulik.”
      Rumanti berdiri mengikuti RA.Surtikanti ke luar dari kamar.Terdengar jelas
      suara gending kebogiro ketika mereka memasuki pendopo.
(DipetikdariBse.Bhs.Ind.PP.Diknas.XI,hal.15).
Berdasarkan teks naratif dalam petikan novel terjemahan di atas watak tokoh 
utamanya (Rumanti) menggambarkan …  .
a.       ciri wanita jawa yang penurut
b  menggambarkan jiwa yang kuat
c  mencerminkan rasa emansipasi yang keras
d  sosok wanita yang tidak punya pendirian
e sikap yang tertutup dan tidak berani berterus terang
26. Perempuan Jogja adalah sastra terjemahan dari sastra daerah (Jawa). Hal tersebut 
      dikuatkan dengan bukti-bukti berikut ini, yang bukan adalah…  .
a  penokohan dalam cerita
b  latar cerita yang ditampilkan
c  kebahasaan yang disampaikan
d  ema cerita yang dikembangkan
e. alur cerita yang digunakan

      Bacalah petikan sastra terjemahan berikut ini ( untuk soal nomor 27-28)
    “Aku agak bergidik, No way, sahutku.”Tidak akan.”Tapi aku tidak tahan godaan.Seharusnya setelah makan malam aku mengerjakan PR, tetapi aku malah mengendap-endap turun ke basement.Kukeluarkan topeng itu dari persembunyiannya, laci bawah meja cabinet kuno. Aku lalu duduk di ujung sofa.Dadaku berdegup kencang, ketika topeng itu aku pasang ke mukaku.Lalu aku melihat keempat anak itu.Keempatnya sedang bersila di lantai,menggelar papan permainan mereka, mengenakan pakaian kuno mereka.” (DipetikdariBse.Bhs.Ind.PP.Diknas.XI,hal.13).
27.  Kesan yang dapat ditemukan dalam penggalan sastra terjemahan Topeng Hitam adalah …  .
a.    bertema cerita pendidikan
b.   watak tokoh utamanya yang disiplin
c.    alur ceritanya dikembangkan secara regresif
d.   amanat ceritanya tentang hal yang tidak baik seharusnya tidak dilakukan
e   amanat ceritanya adalah melakukan sesuatu yang sembunyi-sembunyi hendaknya dipikirkan untung ruginya

28. Yang memastikan kalau sastra terjemahan yang berjudul Topeng Hitam  diterjemahkan dari sastra asing adalah pernyataan-pernyataan berikut ini, yang bukan adalah…
      a. sering memunculkan istilah asing (Inggris) seperti kata no way, basement,sofa,cabinet
 b. penggunaan sudut pandang pelaku dengan kata ganti orang ketiga
 c. nama tokoh yang digunakan
 d. latar ceritanya
 e  tema ceritanya

29.Berikut ini yang bukan fungsi dari dialog drama adalah…  .
a. sebagai penggambaran watak tokoh
b. untuk menciptakan konflik
c. supaya jalan cerita lebih terasa menarik
d. untuk membangun plot cerita
e  agar dapat dipentaskan di atas panggung
30.Bacalah dialog drama Perempuan dalam Kereta berikut ini !
P1.: “Apakah engkau seorang serdadu?”
       (tak ada jawaban)
      “Apakah engkau seorang serdadu?”
P2: “Serdadu…apa menurutmu aku seorang lelaki?”
P1: “Tidak.”
      …………………………………………
P2: “Kalau begitu dugaanku tepat, engkau pasti seorang perempuan.”

Untuk melengkapi dialog yang rumpang itu kalimat yang tapet adalah…  .
a.       “Emangnya hanya lelaki yang menjadi serdadu.”
b.      “Emangnya hanya lelaki yang bias menjadi jendral.”
c.       “Emangnya hanya lelaki yang bias menjadi serdadu atau jendral.”
d.      “Emangnya hanya lelaki yang bisa menjadi jendral, serdadu atau presiden.”
e  “Emangnya hanya lelaki yang bisa menjadi serdadu, jendral atau presiden.”

31. Menyimak penggalan dialog drama Perempuan dalam Kereta  karya Hamdy Salad di atas, maka dapat disimpulkan kalau watak tokoh Perempuan 1 (P1) adalah…  .
      a. mudah percaya akan penjelasan yang baru didengarnya
b. tidak mudah percaya akan penjelasan yang baru didengarnya
c. mudah tersinggung karena pertanyaan yang baru didengarnya.
d. tidak mudah tersinggung karena pertanyaan yang baru didengarnya.
e  senang membuat lawan bicara menjadi emosi setelah mendengar jawaban yang diberikan

32. Dalam penggalan teks drama Perempuan dalam
      Kereta tersebut ditemukan istilah drama
      ”siluhet, maksutnya adalah…

a. bayangan yang jelas
b.bayangan yang tidak jelas
c. bayangan tentang sebuah gambar
d. bayangan sebuah  cerita
e  bayangan tokoh

33.Mendengarkan sebuah informasi dapat dilakukan kapan saja.Jika kita mendengarkan sebuah 
    informasi maka yang dapat dilakukan secara tepat untuk memperoleh hasil yang maksimal 
    dapat dilakukan dengan tindakan yang disebutkan  di bawah ini.Tindakan yang perlu dilakukan adalah… .

a. Tidak memotong pembicaraan yang sedang
berjalan.
b.Memberikan kesempatan pembicara menjelaskan kehendak dan pokok masalah pembicaraan secara tuntas.
c.    Mencatat pokok pembicaraan lengkap dengan penjelasannya.
d.   Mengembangkan pokok pembicaraan dan penjelasannya berdasarkan pandangan kita dan   sikap kita.
e   Menyusun ramkuman pembicaraan berdasarkan isi pembicaraan yang dianggap penting

34. Dalam sastra Indonesia drama dikelompokkan dalam seni pentas. Yang dapat ditemukan dalam drama adalah cerita yang bersifat tragedi, komedi dan melo drama. Cerita drama yang bersifat melodrama maksudnya adalah….

a. isi drama yang bersifat lucu
b. isi drama yang bersifat lucu dan menarik
c. isi drama yang bersifat lucu dan menakutkan
d. tampilan drama yang bersifat lucu
e. tampilan drama yang bersifat lucu dan menarik

35.  Untuk lancar melakukan pentas drama, berikut    ini yang tidak perlu dilakukan, yakni…
a.    mengenali jalan cerita
b.   mengenali watak tokoh yang diperankan
c   mengenali tokoh lawan dialog
d.  menguasai suasana panggung (bloking)
e.    memahami  taknis  berdrama (ekting)





Kamis, 27 September 2012

SIAP TES STANDAR-1-XI/2012

MENYIAPKAN LATIHAN SOAL BAHASA INDONESIA UNTUK KELAS XI TAHUN
PELAJARAN 2012-2013

PILIH   SEBUAH   JAWABAN  YANG   PALING   TEPAT !


Bacalah teks berikut ini dengan cermat (untuk soal nomor 1 dan 3).

Liputan6.com, Jakarta: Tawuran pelajar pekan ini kembali memanas. Para pelajar yang semestinya menjadi garda terdepan generasi penerus bangsa malah mengedepankan kekerasan fisik daripada intelektualitas.Para pelajar mengenakan seragam sekolah tapi bak bergaya preman jalanan,di antaranya main hakim sendiri, merusak fasilitas umum, bahkan saling melukai satu sama lain.
1.   Ide pokok paragraf di atas adalah…  .
a.       tawuran pelajar
b    tawuran pelajar pekan ini
c.       tawuran pelajar makin memanas
d.      tawuran pelajar pekan ini kembali memanas
e.       tawuran pelajar kembali terulang
2.   Kalimat utama paragraf di atas adalah…  .
a Tawuran pelajar pekan ini kembali memanas.
b.      Para pelajar yang semestinya menjadi garda terdepan generasi penerus bangsa malah mengedepankan kekerasan fisik daripada intelektualitas.
c.       Para pelajar mengenakan seragam sekolah tapi bak bergaya preman jalanan.
d.      Di antaranya main hakim sendiri, merusak fasilitas umum, bahkan saling melukai satu sama lain.
e.       Para pelajar mengenakan seragam sekolah tapi bak bergaya preman jalanan,di antaranya main hakim sendiri, merusak fasilitas umum, bahkan saling melukai satu sama lain.
3.   Paragraf di atas berdasarkan letak kalimat utamanya maka dapat dikelompokkan pada ragam paragraf… .
    a    deduktif                   d.  naratif
b.      induktif                    e.  ineratit
c.       deduktif-induktif
Bacalah penggalan teks berita berikut ini !

     Sontak aksi anarkis siswa SMAN 6 Jakarta ini memunculkan aksi demo yang mengecam tindakan kekerasan di dunia pendidikan. Tidak hanya itu solidaritas juga datang dari para jurnalis yang mengecam agar pelaku penganiayaan terhadap wartawan harus ditindak tegas tanpa pandang bulu.
       Kekerasan tentu saja bukan jalan keluar untuk menyelesaikan persoalan. Namun jika tawuran selalu terjadi berulang kali dan menjadi sebuah tradisi, tampaknya sudah waktunya pemerintah turut andil. Adakah yang salah dengan dunia pendidikan di Indonesia.
       Menjadi pertanyaan banyak orang mereka justru melakukan aksi tawuran di lingkungan sekolahnya sendiri. Dimanakah guru dan kepala sekolah mereka. Tawuran justru mendatangkan banyak kerugian materil, seperti kerusakan fasilitas umum hingga diliburkannya kegiatan belajar mengajar.
(Liputan.6com, September,27,2012)

4.      Isi teks berita tersebut adalah…  .
a  Aksi anarkis siswa SMAN 6 Jakarta ini memunculkan aksi demo.
b.      Aksi demo yang mengecam tindakan kekerasan di dunia pendidikan.
c.       Tidak demo hanya  solidaritas yang juga datang dari para jurnalis.
d.      Kekerasan tentu saja bukan jalan keluar untuk menyelesaikan persoalan.
e.       Aksi tawuran terjadi di lingkungan sekolahnya sendiri.

5.      Paragraf berikut ini yang tidak tergolong paragraf induktif adalah … .
a.   Abu alias Dedi Triyuda (17) siswa Sekolah Menengah Kejuruan Baskara
    tewas setelah tawuran melawan SMK Pancoran Mas, Kota Depok.
    Abu mengalami luka di bagian selangkangan kaki dan kepala karena benda 
    tajam dan benturan benda tumpul.

b.    Ia bersama temannya terlibat tawuran di Jalan Raya Sawangan. 
    Truk yang mereka tumpangi macet ketika melewati jalan menanjak. 
     Saat itulah tawuran pecah, hingga membuat Abu terluka parah.

c.       Seorang temannya membawa Abu ke Klinik Depok Dua di Jalan Keadilan Nomor 41, 
      Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Depok. “Mayat sampai klinik pukul 15.00.
      Seorang turun dari angkot membawanya dalam kondisi sudah tidak sadar. 
      Lalu dia bilang ke saya ‘Tolong dibersihin’,” tutur Pandu (23) penjaga klinik Depok Dua.

d.     Seorang yang membawa mayat Abu lalu meninggalkan klinik menggunakan angkot.
     Abu ketika tidak berdaya masih menggunakan seragam sekolah. Sayangnya pada 
     saat mayat Abu datang klinik sedang tutup.

e   Saat ini beberapa rekan Abu menjalani pemeriksaan di Markas Polsek Pancoran Mas. 
     Warga kemudian setelah melaporkan peristiwa ini ke kepolisian, lalu pihak 
     kepolisian melacak dan akhirnya ditemukan teman-teman Abu.

6.      Berikur ini adalah syarat pokok sebuah drama, yang bukan adalah…  .
a.       teks             c.  tokoh         e. penonton
b.      panggung    d.  laikting
7.   Pentas drama selalu melibatkan beberapa aspek terkait. 
    Berikut ini yang tidak berhubungan dengan pementasan drama adalah…
a.       panggung       c. penonton    e. bloking
b.      tokoh             d. improfisasi
8.   Seorang pelaku drama harus memahami istilah-istilah dalam drama. 
    Berikut ini yang bukan istilah dalam drama adalah…  .
a.       tokoh             c. laikting       e. figuran
b.      narator           d. bloking
9.   Kalimat dalam sebuah paragraph yang di dalamnya terdapat ide pokok disebut…  .
a.       kalimat lengkap
b    kalimat utama
c.       kalimat pengembang
d.      kalimat asal
e.       kalimat dasar
10.  Hubungan antar kalimat dalam paragraf  sangat penting. Tanpa adanya hubungan
    antar kalimat dalam paragraf  maka makna paragraf tidak dapat diwujudkan. 
    Hubungan antar kalimat dalam paragraf disebut…  .
a.       kohesi      c. koherensi     e. komposisi
b.      eksposisi  d. improfisasi
11.  Yang disebut surat dinas adalah…  .
   a    surat untuk kedinasan
a.       surat yang mengutamakan tujuan
b.      surat yang mengutamakan isi
c.       surat yang mengutamakan bahasa
d.      surat yang mengutamakan isi dan bahasa
e.       surat yang mengutamakan kegunaannya
12.  Berikut ini yang tidak tergolong jenis surat dinas adalah surat…  .
a.       akta               c. ekspedisi       e. perintah
b.      keputusan     d. undangan ulang tahun
13.  Surat dinas yang berisi tentang pesan singkat disebut…  .
a   MEMO          d. surat akta perjanjian
b.  proposal        e. surat  keputusan
c.  surat printah
14. Bagan surat dinas atau surat resmi ditentukan  secara tepat.  
     Ketentuan penulisan nama kota dan tanggal surat dinas berikut ini yang benar adalah…  .
      a   Surabaya, 5  Oktober  2012
b.  Surabaya 05-Oktober-2012
c.  Surabaya 5  Oktober   2012
d. Surabaya, 5  Oktober  2012.
e. Surabaya, 05 Oktober  2012

15. Pembuka isi MEMO berikut ini yang tepat  adalah…  .
      a. Mohon Bapak mewakili saya untuk….
      b Dimohon Bapak mewakili saya untuk….
c Diharap Bapak mewakili saya untuk….
d Harap bapak mewakili saya untuk….
e Tolong bapak mewakili saya untuk….
16. Perhatikan MEMO berikut ini !
       Dari   : Drs. Kunarso  (Direksi)  PT.Buana Putra
       Untuk: Dra.Winarti (Sekretaris) PT.Buana Putra

          Mohon Ibu mewakili saya untuk memimpin
    rapat karyawan pada hari Selasa,2 Oktober 2012 pukul 10.00 sampai selesai.
                                 Surabaya,1 Oktober 2012
                                                ttd.
                                         Drs.Kunarso
                                           (Direksi)

       Memo di atas kurang tepat. Ketidak tepatan 
       MEMO tersebut disebabkan oleh…
    a   Isi MEMO kurang sempurna
 b.  Struktur memo tidak sesuai dengan bagan  MEMO
 c.    Pembuat MEMO
 d.   Penerima pesan  MEMO
 e.    Penggunaan bahasa MEMO

Bacalah teks berita berikut ini !
Pelajar SMK Tawuran Siswa Baik-baik Ini Tewas
Posted by Ilham Mahesa Sinaga on Sep 13th, 2012 // No Comment
    (1) Untuk keenam kalinya setelah Lebaran, kekerasan terjadi antara siswa Sekolah 
Menengah Kejuruan Baskara dan SMK Pancoran Mas, Kota Depok. Kedua siswa 
sekolah ini dikenal bermusuhan. Saat bertemu di mana pun dan kapan pun, kedua pihak
 saling menyerang dan melukai sehingga meresahkan warga setempat.
     (2)Rabu (12/9/2012) pukul 14.30, Permusuhan kedua sekolah ini memakan korban. Abu alias Dedi Triyuda (17), yang dikenal sebagai siswa baik-baik, tewas ketika puluhan siswa SMK Pancoran Mas menyerang di Jalan Raya Sawangan. Ketika itu Abu bersama 11 rekannya dari SMK Baskara naik truk pengangkut semen.
Penyerangan terhadap siswa SMK Baskara melukai beberapa siswa hingga kemudian menewaskan Abu.
    (3) Dia menderita luka karena lemparan batu di kepala dan luka tusuk di selangkangan. Seorang rekannya berusaha menyelamatkan Abu dengan mencegat pengendara sepeda motor, lalu meminta membawa ke dokter atau rumah sakit terdekat. Pukul 15.00, warga menemukan Abu tewas di Apotek Depok Dua, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Kota Depok.
   (4)  Kedua sekolah memang sering tawuran. Kami sudah sering mendamaikan, 
menggelar mediasi, dan penyuluhan. Namun, tetap saja mereka terus tawuran. Peristiwa 
ini terjadi setelah dua hari sebelumnya mereka tawuran di Jalan Merpati, Depok,” kata Wakil
Kepala Polsek Pancoran Mas Ajun Komisaris Ibnu Salim, Rabu (12/9/2012) malam.
   (5)  Setelah tawuran, polisi mencari saksi dan meminta keterangan mereka. 
Di lokasi tawuran di Persimpangan Kodim, Jalan Raya Sawangan, polisi menemukan besi 
lengkung seperti celurit sepanjang 50 sentimeter, semprotan sejenis piloks, dan batu-batu 
yang diduga dilemparkan saat tawuran.

17. Setelah membaca teks berita di atas maka dapat ditegaskan  bahwa  yang  menjadi pokok
      berita adalah paragraf… .
a.    (1)    b   (2)   c. (3)     d. (4)      e. (5)  
18. Data yang dapat ditemukan dari sumber bacaan artikel di atas sebagaimana disebutkan 
     di bawah ini, yang bukan  adalah…   .
a. siswa SMK pelaku tawuran pelajar
b. kurban tawuran
c. enam kali terjadi tawuran setelah lebaran
d. meresahkan warga sekitar daerah tawuran
e  tidak ditemukan saksi setelah polisi mencarinya

19.  Isi berita yang dapat ditemukan dalam teks di atas adalah…  .
        a.  tawuran pelajar terjadi lagi
b. tawuran pelajar makan kurban
c. tawuran pelajar makan kurban siswa terbaik
d. tawuran pelajar terjadi antara SMK Baskara dengan SMK Pancoran Mas
e. Tawuran pelajar SMK Baskara dan SMK Pancoran Mas menewaskan Abu alias Dedi Triyuda.

20.   Perhatikan paragrf berikut ini !
Permusuhan kedua sekolah ini memakan korban. Abu alias Dedi Triyuda (17), yang dikenal 
sebagai siswa baik-baik, tewas ketika puluhan siswa SMK Pancoran Mas menyerang
 di Jalan Raya Sawangan. Ketika itu Abu bersama 11 rekannya dari SMK Baskara naik
 truk pengangkut semen.Penyerangan terhadap siswa SMK Baskara melukai beberapa 
 siswa hingga kemudian menewaskan Abu.

Paragraf tersebut tergolong paragraf…   .
a  deduktif     c. induktif     e. ineratif
b.   naratif       d. deduktif-induktif
 21. Dihasilkannya sastra terjemahan sangat  mempengaruhi  hasil sastra Indonesia.
       Pengaruh positif yang dirakan adalah…  .
       a. memperkaya pustaka sastra Indonesia
b menimbulkan daya tarik pembaca sastra
c mengembangkan daya imaji pembaca sastra
d menghasilkan tema cerita yang beragam
e sebagai pembanding karya sastra asli Indonesia
22. Karya sastra terjemahan adalah karya sastra yang mengalami alih bahasa. 
      Hal yang tidak dapat diubah dalam karya sastra terjemahan adalah semua 
      pernyataan berikut ini, kecuali…
a judul cerita      c. tema cerita     e. tokoh cerita
b.amanat cerita   d.isi cerita
23.Karya sastra terjemahan dalam sastra Baru
      Indonesia pertama kali dihasilkan berjudul…  .
a.       Tiga Menguak Takdir
b.      Mencari Pencuri Anak Perawan
c.       Anak Perawan di Sarang Penyamin
d    Si Jamin dan Si Johan
e.  Tak Putus Dirundung Malang
24. Setelah membaca hasil sastra bentuk prosa terjemahan yang berjudul Topeng Hitam 
   dan Perempuan Jogja maka dapat disimpulkan bahwa dua sastra terjemahan
   tersebut mempunyai persamaan dalam hal…  .
a   amanat cerita
b.  tema cerita
c.       isi cerita
d.      alur (plot) cerita
e.       latar cerita (setting)
25. Bacalah petikan sastra terjemahan Perempuan Jogja berikut ini !
      “Inggih, Bulik.Saya akan tabah.”
      “Ayo ke luar menemui para tamu. Tunjukkan kepada mereka kamu istri Danu yang sesungguhnya.”
      “Inggih, Bulik.”
Rumanti berdiri mengikuti RA.Surtikanti ke luar dari kamar.Terdengar jelas suara gending 
kebogiro ketika mereka memasuki pendopo.
(DipetikdariBse.Bhs.Ind.PP.Diknas.XI,hal.15).
Berdasarkan teks naratif dalam petikan novel terjemahan di atas watak tokoh 
utamanya (Rumanti) menggambarkan …  .
a.       ciri wanita jawa yang penurut
b  menggambarkan jiwa yang kuat
c  mencerminkan rasa emansipasi yang keras
d  sosok wanita yang tidak punya pendirian
e sikap yang tertutup dan tidak berani berterus terang
26. Perempuan Jogja adalah sastra terjemahan dari sastra daerah (Jawa). Hal tersebut dikuatkan
     dengan bukti-bukti berikut ini, yang bukan adalah…  .
a  penokohan dalam cerita
b  latar cerita yang ditampilkan
c  kebahasaan yang disampaikan
d  ema cerita yang dikembangkan
e. alur cerita yang digunakan

      Bacalah petikan sastra terjemahan berikut ini ( untuk soal nomor 27-28)
“Aku agak bergidik, No way, sahutku.”Tidak akan.”Tapi aku tidak tahan godaan.Seharusnya
setelah makan malam aku mengerjakan PR, tetapi aku malah mengendap-endap
 turun ke basement.Kukeluarkan topeng itu dari persembunyiannya, laci bawah meja cabinet kuno. 
Aku lalu duduk di ujung sofa.Dadaku berdegup kencang, ketika topeng itu aku pasang ke mukaku.
Lalu aku melihat keempat anak itu.Keempatnya sedang bersila di lantai,menggelar papan 
permainan mereka, mengenakan pakaian kuno mereka.” (DipetikdariBse.Bhs.Ind.PP.Diknas.XI,hal.13).
27.  Kesan yang dapat ditemukan dalam penggalan sastra terjemahan Topeng Hitam adalah …  .
a.    bertema cerita pendidikan
b.   watak tokoh utamanya yang disiplin
c.    alur ceritanya dikembangkan secara regresif
d.   amanat ceritanya tentang hal yang tidak baik seharusnya tidak dilakukan
e   amanat ceritanya adalah melakukan sesuatu yang sembunyi-sembunyi hendaknya 
    dipikirkan untung ruginya

28. Yang memastikan kalau sastra terjemahan yang berjudul Topeng Hitam  
      diterjemahkan dari sastra asing adalah pernyataan-pernyataan berikut ini, yang bukan adalah…
      a.  sering memunculkan istilah asing (Inggris) seperti kata no way, basement,sofa,cabinet
  b. penggunaan sudut pandang pelaku dengan kata ganti orang ketiga
  c. nama tokoh yang digunakan
 d. latar ceritanya
 e  tema ceritanya

29.Berikut ini yang bukan fungsi dari dialog drama adalah…  .
a. sebagai penggambaran watak tokoh
b. untuk menciptakan konflik
c. supaya jalan cerita lebih terasa menarik
d. untuk membangun plot cerita
e  agar dapat dipentaskan di atas panggung
30.Bacalah dialog drama Perempuan dalam Kereta berikut ini !
P1.: “Apakah engkau seorang serdadu?”
       (tak ada jawaban)
      “Apakah engkau seorang serdadu?”
P2: “Serdadu…apa menurutmu aku seorang lelaki?”
P1: “Tidak.”
      …………………………………………
P2: “Kalau begitu dugaanku tepat, engkau pasti seorang perempuan.”

Untuk melengkapi dialog yang rumpang itu kalimat yang tapet adalah…  .
a.       “Emangnya hanya lelaki yang menjadi serdadu.”
b.      “Emangnya hanya lelaki yang bias menjadi jendral.”
c.       “Emangnya hanya lelaki yang bias menjadi serdadu atau jendral.”
d.      “Emangnya hanya lelaki yang bisa menjadi jendral, serdadu atau presiden.”
e  “Emangnya hanya lelaki yang bisa menjadi serdadu, jendral atau presiden.”

31. Menyimak penggalan dialog drama Perempuan dalam Kereta  karya 
      Hamdy Salad di atas, maka dapat disimpulkan kalau watak tokoh 
      Perempuan 1 (P1) adalah…  .
      a. mudah percaya akan penjelasan yang baru didengarnya
b. tidak mudah percaya akan penjelasan yang baru didengarnya
c. mudah tersinggung karena pertanyaan yang baru didengarnya.
d. tidak mudah tersinggung karena pertanyaan yang baru didengarnya.
e  senang membuat lawan bicara menjadi emosi setelah mendengar jawaban yang diberikan

32. Dalam penggalan teks drama Perempuan dalam Kereta , terdapat istilah drama
      ”siluhet, maksutnya adalah…
       a. bayangan yang jelas
b.bayangan yang tidak jelas
c. bayangan tentang sebuah gambar
d. bayangan sebuah  cerita
e  bayangan tokoh

33.Mendengarkan sebuah informasi dapat dilakukan kapan saja.Jika kita mendengarkan sebuah 
      informasi maka yang dapat dilakukan secara tepat untuk memperoleh hasil yang maksimal 
     dapat dilakukan dengan tindakan yang disebutkan      di bawah ini.
     Tindakan yang perlu dilakukan adalah… .

a.  Tidak memotong pembicaraan yang sedang berjalan.
b. Memberikan kesempatan pembicara menjelaskan kehendak dan pokok masalah pembicaraan 
    secara tuntas.
 c.    Mencatat pokok pembicaraan lengkap dengan penjelasannya.
 d.    Mengembangkan pokok pembicaraan dan penjelasannya berdasarkan pandangan kita dan
      sikap kita.
 e   Menyusun ramkuman pembicaraan berdasarkan isi pembicaraan yang dianggap penting

34. Dalam sastra Indonesia drama dikelompokkan dalam seni pentas. Yang dapat ditemukan dalam
      drama adalah cerita yang bersifat tragedi, komedi dan melo drama. 
      Cerita drama yang bersifat melodrama maksudnya adalah….

a. isi drama yang bersifat lucu
b. isi drama yang bersifat lucu dan menarik
c. isi drama yang bersifat lucu dan menakutkan
d. tampilan drama yang bersifat lucu
e. tampilan drama yang bersifat lucu dan menarik

35.  Untuk lancar melakukan pentas drama, berikut    ini yang tidak perlu dilakukan, yakni…
a.    mengenali jalan cerita
b.   mengenali watak tokoh yang diperankan
c   mengenali tokoh lawan dialog
d.  menguasai suasana panggung (bloking)
e.    memahami  taknis  berdrama (ekting)
   

    LANJUTAN PADA LATIHAN BERIKUTNYA!
    MASUKKAN KOMENTAR DENGAN OBSEN JAWABAN PILIHAN ANDA